Kota Tidore Miliki 22 Titik Penetapan Tata Batas Hutan

Rapat Panitia Tata Batas (PTB) kawasan hutan Kota Tidore Kepulauan, Kamis (19/1/2023).

TIDORE-pm.com, Sebanyak 22 lokasi yang nantinya akan dilaksanakan pemantapan tata batas kawasan hutan yang berada di delapan kecamatan, Kota Tidore Kepulauan.

Demikian disampaikan Kabalai Pemantapan Kawasan Hutan dan Tata Lingkungan (BPKHTL) Wilayah VI Manado, Victor W. Rante dalam rapat Panitia Tata Batas (PTB) kawasan hutan Kota Tidore Kepulauan, Kamis (19/1/2023).

Rapat itu dibuka secara resmi oleh Wali Kota Tidore Kepulauan yang diwakili Staf Ahli Bidang Ekonomi, Pembangunan dan Keuangan, Abdul Hakim Adjam, di ruang rapat wali kota.

"Kami juga membutuhkan dukungan dari pemerintah daerah maupun para camat untuk bersama-sama dengan kami untuk mengawal proses penetapan kawasan hutan yang ada di Kota Tidore, agar secepatnya dapat diselsaikan," ujar Victor.

Victor mengatakan, kegiatan hari ini bertujuan untuk mendukung menyelesaikan tata batas kawasan hutan di Kota Tidore ini.

"Selain itu juga kami juga akan membantu mensejahterakan masyarakat dengan kewenangan-kewenangan yang dimiliki dalam proses pelaksanaan rencana penataan batas wilayah kawasan hutan di Kota Tidore," bebernya.

Sementara, Staf Ahli Bidang Ekonomi, Pembangunan dan Keuangan, Abdul Hakim Adjam mengatakan PTB kawasan hutan Kota Tidore Kepulauan telah ditetapkan melalui Keputusan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor SK: 4847/MENLHK-PKTL/KUH/PLA.2/7/2021 tanggal 26 Juli 2021 tentang Pembentukan Panitia Tata Batas Kawasan Hutan Kab./Kota Lingkup Provinsi Maluku Utara.

Sehingga, kata dia, PTB berkewajiban untuk melakukan kegiatan pembahasan rencana trayek batas pada kawasan hutan yang akan dilakukan penataan batas. Selanjutnya melakukan penetapan atas trayek batas kawasan hutan dimaksud.

“Dengan hasil dari pembahasan trayek ini selanjutnya menjadi bahan untuk pelaksanaan pemancangan batas sementara kawasan hutan di wilayah Kota Tidore. Panjang batas Kawasan Hutan di Kota Tidore Kepulauan sesuai dengan rencana trayek batas adalah sepanjang kurang lebih 284,24 km yang terdiri dari batas luar sepanjang kurang lebih 273,92 km dan batas fungsi sepanjang kurang lebih 10,32 meter," terang Abdul Hakim.

Komentar

Loading...