Kotak Suara di Desa Bukumaadu Jailolo Nyaris Hilang

Satu kotak suara milik Desa Bukumaadu yang di temukan penyelenggara di Desa Kuripasai.(foto:ist)

JAILOLO-PM.com, Distribusi logistik Pemilihan kepala daerah (Pilkada) Halmahera Barat (Halbar) oleh petugas ke Desa Bukumaadu, Kecamatan Jailolo, sebuah kotak suara nyaris hilang di tengah jalan.

Informasi yang dihimpun di lapangan, sebuah kotak suara untuk Desa Bukumaadu, Kecamatan Jailolo yang hampir hilang karena jatuh di jalan saat distribusi logistik menggunakan truck pada Senin (7/12/2020) pukul 04.00 dini hari.

Kotak suara yang berisi surat suara dan dokumen Pilkada lainnya yang jatuh itu, tidak diketahui oleh petugas. Ketika tiba di Desa Kuripasai, petugas baru mengetahui jumlah kotak suara berkurang satu.

Petugas kemudian melakukan pencarian hingga pada akhirnya kotak suara tersebut berhasil ditemukan siang hari, atas informasi dari warga desa Kuripasai.

Ketua Bawaslu Halbar, Alwi Ahmad yang didampingi stafnya saat mendatangi kantor KPU sekitar pukul 16.00 Wit, bahkan terlihat memegang sejumlah kertas yang diduga berasal dari kotak suara yang jatuh itu.

Kordiv PHL Bawaslu Halbar, Aknosius Datang yang dikonfirmasi sejumlah wartawan di kantor KPU Halbar  membenarkan kejadian tersebut. Ia mengatakan, sesuai keterangan petugas di lapangan yang mengawal distribusi logistik  menyampaikan bahwa masalah itu terjadi karena tersangkut di ranting pohon.

Namun, kata dia, kejadian ini akan dijadikan sebagai temuan untuk ditindak lanjut dengan memanggil pihak-pihak terkait guna dimintai penjelasan. “Ini sudah masuk katagori pelanggaran," tegas Koordiv PHL.

Sementara Ketua KPU Halbar, Miftahudin Yusup juga membenarkan kejadian tersebut. Menurutnya, sebuah kotak suara yang jatuh itu saat distrubusi logistik karena diduga terkena ranting pohon
"Kota suara itu sudah diamankan ke kantor KPU, dan hasil pemeriksaan seluruh dokumen dalam keadaan utuh,"pungkasnya.(Sam/red)

Komentar

Loading...