KPU Taliabu Mulai Pencoklitan

Ilustrasi coklit

TALIABU-PM.com, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU)Kabupaten Pulau Taliabu, Arisandi La Isa, kepada awak media, Rabu (15/7), mengatakan pihaknya saat ini mulai melakukan pencocokan dan penelitian (pencoklitan). "Tugas PPDP adalah masuk dari rumah ke rumah melakukan pencocokan dan penelitian data berdasarkan data AKWK dan daftar pemilih baru dari KPU. Bagi yang sudah masuk daftar pemilih berarti dia masuk AKWK dan bagi yang belum masuk sebagai dafar pemilih berarti dia masuk daftar pemilih baru,"jelasnya.

Dikatakan, jumlah petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP) pencoklitan yang bertugas di desa-desa disesuikan dengan tempat pengutan suara (TPS). Selanjutnya,  PPDP yang ditugaskan melakukan pencoklitan data bagi satu TPS satu orang. "Pencoklitan ini bertujuan untuk melakukan pencocokan dan penelitian data AKWK agar tidak terjadi data pemilih ganda. Juga jangan sampai ada orang yang sudah meninggal dunia tapi namanya masih masuk dalam DPT,"tuturnya.

Lenbih lanjut, Sandi, menmabahkan, coklit data serentak secara naisonal mulai akan digelar 18 Juli 2020. Anggota KPU, PPK, PPS  akan mendampingi PPDP dalam satu hari minimal 5 rumah. Untuk dikehui pencoklitan data dimulai pada 13 Juli hingga 13 Agustus 2020. Petugas PPDP yang melakukan pencoklitan data dilengkapi alat pengaman diri. (Cal/red)

Komentar

Loading...