poskomalut.com
baner header

KPU Ternate Buka Posko Pelayanan DPT

TERNATE-PM.com, Dalam rangka pengumuman Daftar Pemilih Tetap (DPT), Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Ternate telah mengumumkan DPS di tiap kelurahan oleh PPS.

“Kegiatan itu bertujuan agar masyarakat mengoreksi dan memberi tanggapan terhadap daftar pemilih sementara yang telah ditetapkan KPU,” Komisioner KPU Kota Ternate Divisi Perencanaan Program dan Data Jainudin Ali Sabia, dalam siaran pers yang diterima Posko Malut.

Selain itu, KPU melalui PPK membuat posko layanan pengecekan nama-nama warga apakah sudah terdaftar atau belum di DPS. “Posko ini dibuat di depan Jatiland Mall, depan Hypermart, depan kantor lurah Sangaji dan satu lagi pelabuhan Dufa-dufa,” terangnya.

Jainudin bilang, demi menjamin seluruh warga bisa terdaftar sebagai pemilih KPU tetap berupaya semaksimal mungkin untuk mengajak warga agar ikut aktif melakukan pengecekan terhadap DPS.

“Memang jika tanpa keaktifan warga ikut mengecek kembali, KPU akan kesulitan memastikan daftar tersebut terkoreksi,” ungkapnya.

Menurutnya, dalam Peraturan KPU Nomor 19 tahun 2019, KPU akan melakukan uji publik terhadap DPS. Rencananya, ini akan digelar sebelum berakhirnya masa pengumuman DPS yaitu dari tanggal 19 hingga 28 September 2020.

“Diantara tanggal pengumuman ini forum uji publik akan dilakukan dengan mengundang para pihak termasuk media, perwakilan partai dan LSM dan tokoh tokoh masyarakat,” tuturnya, sembari melanjutkan, salah satu tujuan utama dari penyelenggaraan pemilihan ini adalah ukuran partisipasi warga dalam menggunakan hak pilih, dan penggunaan hak pilih sangat bergantung pada daftar pemilih tetap yang sementara ini dalam proses penyusunan.

“KPU mengajak kepada semua pihak agar turut memperhatikan pengumuman DPS ini dan memberikan masukan dan koreksi secara bersama,” tandasnya. (agh/red)



Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: