KSOP Ternate: Motoris yang Membandel Izin Operasional Dicabut

Kepala KSOP Kelas II Ternate, Affan Tabona

TERNATE-PM.com, Menjelang hari natal Kantor Kesyahbandaran Otoritas dan Pelabuhan (KSOP) Kelas II Ternate, kembali melakukan peninjauan ke sejumlah pelabuhan yang ada di Kota Ternate. Bersama tim, Selasa (22/12) kemarin Kepala KSOP Kelas II Ternate Affan Tabona memantau langsung kondisi pelabuhan, penumpang dan speedboat serta para motorisnya.

"Peninjauan ke sejumlah pelabuhan ini guna memantau langsung kondisi pelabuhan, penumpang, speedboat dan motoris sendiri," ungkap Affan

Dari hasil peninjauan, masih ada sejumlah speedboat yang lalai, seperti tidak melengkapi alat-alat keselamatan berupa pelampung yang disiapkan di dalam speedboat saat melakukan perjalanan.

Bahkan, kedapatan satu speedboat yang justru tidak menyiapkan tali pelampung. Padahal tali pelampung semestinya harus disiapkan. Hal ini dilakukan untuk menjaga jangan sampai ada penumpang yang tiba-tiba terjatuh dari speedboat.

"Tadi ada satu speedboat sengaja saya larang berangkat dan suruh penumpang turun dulu, karena motorisnya lalai tidak siapkan tali pelampung, kan tali pelampung itu penting jika ada penumpang yang jatuh ke laut," sambungnya.

Tidak hanya itu, bahkan pihaknya secara tegas akan menindak motoris yang enggan mematuhi aturan keselamatan yang ada. KSOP, kata dia tidak segan-segan untuk mencabut izin operasional atau izin berlayar speedboat.

"Bagi penumpang dan motoris sekaligus pengantar yang ada di armada semut harus mematuhi protokol kesehatan (prokes) dengan cara menjaga jarak, memakai masker, dan mencuci tangan (3M)," harapnya.

Dikatakannya, untuk arus mudik, sejauh ini belum terlalu signifikan, pasalnya kebanyakan dari penumpang hanya untuk liburan saja. Meski begitu KSOP juga telah memberlakukan sistem buka tutup, di mana KSOP sewaktu-waktu bisa membuka atau menutup jalur perhubungan jika memang cuaca tidak memungkinkan.

Sekedar informasi, KSOP Kelas II Ternate bersinergi dengan instansi vertikal lainnya dengan membuka posko-posko di semua pelabuhan seperti Pelabuhan Ahmad Yani, Pelabuhan Dufa-Dufa, Pelabuhan Armada Semut, Pelabuhan Ferry dan Pelabuhan Bastiong. (agh/red)

Komentar

Loading...