Lukisan Pohon Cengkeh yang Diterima Wapres, Karya Rizka Nurfa

Pemberian lukisan pohon cengkeh oleh wali Kota Tidore kepada Wapres di Aula Sultan Nuku Tidore.

TIDORE-pm.com, Lukisan pohon cengkeh yang diserahkan Wali kota Tidore Kepulauan Capt. Ali Ibrahim kepada Wakil Presiden RI K.H Ma'ruf Amin merupakan karya dari Rizka Nurfa.

Lukisan yang diserahkan Pada Seminar Nasional "Melacak Jalur Peradaban Rempah Dunia, Enrique Maluku, Pengeliling Dunia Pertama dari Tidore di Aula Sultan Nuku Kantor Wali Kota Tidore Kepulauan, Kamis 11 Mei 2023 adalah lukisan Antonio Pigafetta, pencatat dalam kapal ekspedisi Magellan tentang pohon cengkeh di Tidore pertama dipublikasikan di Eropa.

Ternya dibalik makna lukisan indah yang diterima orang nomor dua di Indonesia dari Wali Kota Ali Ibrahim ternyata merupakan hasil karya anak daerah asli Tidore lahir di Jayapura yang tumbuh besar di Kota Tidore kepulauan.

Pelukis sendiri bernama lengkap Rizka Nurfa Permata Sari, lahir 20 Agustus 1997 anak kedua dari pasangan Saleh Petonengan dan Fahria Ahmad. Tinggal di Kelurahan Tomagoba Kecamatan Tidore.

Sebelumnya Rizka menduplikat gambar tersebut setelah mendapat contoh gambar yang diserahkan Pemerintah Daerah Kota Tidore kepada dirinya melalui dinas pariwisata dan kepala bagian pemerintahan.

“Saya kerjakan dua minggu lamanya sejak bulan lalu setelah diketahui akan diserahkan ke Wakil Presiden. Saya bangga hasil karya saya bisa sampai ke tangan Wapres melalui pak Captain Ali wali kota kami,” ucap Rizka.

Komentar

Loading...