poskomalut.com
baner header

Lurah Sango Kota Ternate Berencana Sediakan Gedung Kesenian

TERNATE-PM.com, Meskipun Dana Kelurahan (DK) yang belum diketahui pasti berapa jumlah yang akan diterima, dan kapan akan dicairkan ke masing-masing Lurah yang ada di kota Ternate. Kepala Kelurahan Sango, Kecamatan Ternate Utara, telah berencana akan mengembangkan budaya serta bakat pemuda dan pemudi di kelurahan tersebut melalui program Fisik dengan dibuatkan Gedung Kesenian.
Saat ditemui poskomalut.com, Lurah Sango Rustam Lating mengatakan, hingga saat ini Dirinya belum mengetahui berapa jumlah DK yang akan di terima oleh pihak Kelurahan, sehingga belum ada gambaran apa yang akan dikerjakan kedepan. Meski belum diketahui pasti, Lurah telah berencana akan memperuntukkan dana DK tersebut untuk peningkatan serta pengembangan kebudayaan di kelurahan Sango. Peningkatan dan pengembangan kebudayaan yang akan dilakukan oleh Lurah dengan mengadakan sebuah gedung Kesenian sebagai tempat untuk berlatihnya pemuda-pemudi di kelurahan tersebut. “Dana Kelurahan sampai sekarang belum diketahui jumlahnya berapa. Akan tetapi yang pastinya DK tersebut akan diperuntukkan pada masalah Kebudayaan, dalam hal ini mungkin gedung Kesenian. Gedung Kesenian nantinya sanggar Seni akan memanfaatkannya sebagai tempat latihan menari, Teater ataupun Drama. Tapi nanti kita lihat porsi anggaran di DK itu berapa,” ungkapnya Sabtu, (07/03/2020).
Pembangunan Gedung Kesenian yang nantinya akan dibangun dengan menggunakan DK sebagai bentuk kepedulian Lurah terhadap bakat yang dimiliki oleh Pemudah, Remaja dan Masyarakat dalam hal pengembangan dan melestarikan budaya Daerah. “Kebetulan Sango ini kan termasuk Kelurahan adat sebenarnya yang masuk dalam Soa Gam Cim, dibawa 12 Soa pada Heku Kesultanan Ternate. Nah ini yang harus kita kembangkan dan bagaimana memberikan pemahaman,” terangnya.
Sementara itu, terkait program Fisik tersebut rencananya Ia akan melihat kembali program apa yang lebih urgen untuk di kerjakan di semua RT, mulai dari RT 01 sampai RT 08 sembari menunggu DK yang belum diketahui pasti kapan pencairannya. “Jadi dari RT 01 sampai 08 ini kita lihat mana yang sangat urgen untuk pelaksanaan fisik. Yang pasti beberapa pos itu sudah disiapkan sesuai dengan juknis yang sebelumnya,” tambahnya.
Lurah berharap, anggaran DK yang nantinya akan diterima bisa dipergunakan sebagaimana mestinya. Untuk itu, diharapkan adanya sinergitas antara Pemerintah Kelurahan, Tokoh Agama, Adat, Masyarakat, Pemuda, serta Kaum Wanita dan Anak-anak. “Ini harus bersinergi dulu, setelah itu baru kita bisa mencapai Visi dan Misi dari Kelurahan itu sendiri,” tutupnya. (OP-red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: