Lurah Tobololo Akui Hasil Galian C Dijual Belikan

Suasana rapat permasalahan galian c Kelurahan Tobololo, di DPRD Kota Ternate, Rabu (24/2/2021).(foto:ist)

TERNATE-PM.com, Lurah Tobololo Kecamatan Ternate Barat, Bakar Kasim mengaku bahwa penambangan galian C, yang berada di kelurahan tersebut sudah disetujui oleh warga setempat, dengan tujuan melakukan pembangunan pemukiman penduduk.

Lurah Tobololo, Bakar Kasim usai rapat dengan DPRD Kota Ternate kepada wartawan, Rabu (24/2/2021) mengatakan, dbahwa penambangan galian C yang berada dikawasan tersebut, sudah mendapatkan persetujuan dari warga setempat, dengan tujuan dalam rangka melakukan pembangunan pemukiman kedepannya.

Dia menuturkan, bahwa aktivitas pemerataan tersebut dikomersilkan atau hasil dari material dijual belikan

"saya tahu bahwa material dari pada penambangan atau pemerataan tersebut dijual belikan, akan tetapi sudah ada kerja sama antara pemilik lahan dengan pengelola,"terangnya.

Ia juga mengaku bahwa penambangan tersebut ada empat pengelola,

"yang pertama H Rustam H Habib yang bergerak di tahun 2016, di tahun 2017-2019 dilanjutkan oleh H Kafrawi, kemudian di tahun 2019 diberikan kepada Umran Drakil, dan terakhir  H Rustam, sementara dilakukan pengurusan izin untuk melanjutkan aktivitas,"sebutnya.

Lanjutnya, saat ini pihak DLHK sudah melakukan penghentian sementara terhadap aktivitas tersebut dalam jangka waktu selama 14 hari, kepada pengelola untuk melakukan pengurusan izin

"saat ini dilakukan proses pengurusan di PUPR terkait dengan tata ruang, setelah itu baru dilakukan proses izin ke DLHK , jadi semua izin terkait dengan aktivitas tersebut sementara diproses,"tutupnya.(Tal/red)

Komentar

Loading...