Mahasiswa STKIP Pertanyakan Status Akreditasi

Sejumlah mahasiswa STIKP menggelar aksi meminta kejelasan status akreditasi kampus.

TERNATE-PM.com, Sejumlah mahasiswa yang menamakan diri Aliansi Mahasiswa STKIP, Rabu (03/02) menggelar di depan kampus STKIP. Masa aksi mendesak pihak kampus segera menyelesaikan masalah akreditasi di Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) yang terkandung-katung sejak dua tahun lalu.

Koordinator Lapangan (Korlap) Aliansi Mahasiswa STKIP, Ronaldo Mahmud mengatakan, masalah akreditasi kampus STKIP Kie Raha Ternate sudah kedalwuarsa. "terhitung sejak tanggal 19 Juli 2019 tapi sampai 2021 belum ada kepastian peringkat dari BAN-PT," ungkap Ronaldo saat diwawancarai, Rabu (03/02).

Kata dia, beberapa pekan lalu pihaknya menggelar aksi dengan tuntutan yang sama terkait pembaharuan akreditasi, namun kampus mengklaim bahwa dokumen pengusulan reakreditasi sementara diajukan di BAN-PT.

"Kami sangat menyesal terhadap kinerja kampus, karena hampir dua tahun waktu yang cukup lama namun belum ada kepastian peringkat akreditasi dari BAN-PT," ujar Ronaldo

Baginya, masalah akreditas ini bagian dari kelalaian serta ketidak seriusan kampus dalam menyikapi persoalan tersebut. Oleh karena itu, pihaknya atas nama aliansi mahasiswa STKIP mendesak kampus segera selesaikan persoalan akreditasi ini.

"Jika tuntutan ini tidak terakomodir, maka pihaknya akan mengkonsolidasi massa untuk memboikot aktivitas perkuliahan," tegasnya.

Terpisah, Wakil Ketua II STKIP Kie Raha Ternate, Wahyudi Iksan mengaku, pihaknya telah  mengusulkan akreditasi institusi dan dua Program Studi (Prodi) yakni Prodi Sejarah kemudian Prodi Ekonomi di BAN-PT.

Dikatakannya, pengusulan akreditasi institusi terhitung empat (4) kali, mulai dari pengiriman dokumen di Sistem Akreditasi Perguruan Tinggi Online (Sapto) BAN-PT. "Sekarang kita tinggal menunggu tim BAN-PT turun melakukan visitasi, sehingga nilainya cepat keluar," tandasnya. (agh/red)

Komentar

Loading...