Matangkan Persiapan Hadapi Pra PON, Wushu dan Tinju Gelar Uji Tanding

Atlet Wushu dan Tinju mendengarkan arahan usai uji tanding.

TERNATE-pm.com, Cabang olahraga (cabor) Wushu dan Tinju terus matangkan persiapan untuk menghadapi Pra kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (Pra-PON) 2023.

Salah satu rangkaian persiapan kedua cabor tersebut dengan mengagendakan uji coba antara atelt Wushu dan Tinju.

Uji coba dua cabor bela diri tersebut berlangsung di markas Sasa Pertina Malut, Kelurahan Tanah Tinggi, Ternate Selatan, Rabu (13/9/2023).

Ketua Umum Wushu Indonesia Malut, Hi. Djafar Umar mengatakan, pemilihan untuk uji coba dengan Tinju, karena kedua cabor bela diri ini memiliki kesamaan. Terutama dalam hal pukulan.

"Jadi, di Wushu juga ada pukulan. Makanya, kami memilih untuk uji coba dengan Pertina," katanya.

Mantan Ketum KONI Malut itu mengaku, penampilan dari Atlet Wushu, masih di bawah standar jika dibandingkan dengan Atlet Tinju.

"Harus diakui, kalau dalam hal pukulan, Wushu masih jauh dari harapan. Jika kita bandingkan dengan Atlet Tinju yang disiapkan Pertina Maluku Utara," ujarnya.

Meski begitu, Djafar menegaskan, pihaknya akan berupaya keras untuk mempersiapkan Atlet Wushu yang lebih baik lagi.

"Setelah dari uji coba ini, Tim Wushu Malut akan kembali berlatih guna untuk mematangkan persiapan. Terutama dalam hal pukulan. Dengan harapan bisa tampil bagus di Pra-PON nanti," harapnya.

Diketahui, Wushu menyiapkan 8 Atlet untuk mengikuti Pra-PON di Bogor pada Oktober mendatang.

Sementara, Ketua Umum (Ketum) Pertina Malut Nasri Abubakar, dikonfirmasi usai agenda uji coba mengaku,  uji tanding tersebut adalah bagian dari persiapan Atlet Tinju dan juga Wushu untuk mengikuti Pra-PON yang akan dimulai pada Oktober mendatang.

"Selain dari fokus pada agenda latihan. Anak-anak juga sering terlibat dalam uji coba. Dengan maksud, agar tim pelatih terus mengevaluasi hasil latihan anak-anak selama ini,” ujarnya.

Bendahara DPD Partai Demokrat Malut itu menjelaskan, karena Wushu juga tengah mempersiapkan diri untuk menghadapi Pra-PON, maka kedua cabor bersepakat untuk menggelar uji coba.

"Ada permintaan dari Wushu untuk uji coba bersama. Karena, Tinju dan Wushu ini cabor yang hampir memiliki kesamaan," jelasnya.

Ketum Pertina Malut yang akrab disapa Ko Nas itu bilang, uji coba tersebut juga untuk membagi pengalaman diantara masing-masing Atlet yang ada di dua cabor.

"Kami berharap, setelah dari uji coba ini, menjadi bahan evaluasi tersendiri bagi setiap cabor, dengan harapan, bisa tampil bagus di Pra-PON," tandasnya.

Lanjut Ko Nas menambahkan, Pertina Malut sudah mengunci Tiga tiket untuk PON 2024 pada tahap I Pra PON di Makassar. Selanjutnya, Pertina kembali mengirim 7 atlet untuk menghadapi Pra-PON ke-II yang akan berlangsung di Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Oktober mendatang.

Komentar

Loading...