poskomalut.com
baner header

Metode Penulisan Makalah Calon Pejabat Tikep Diubah

TIDORE-PM.com, Metode proses pelaksanaan asesmen pejabat eselon II dilingkup Pemerintah kota Tidore Kepulauan (Tikep), khususnya pada penulisan makalah bagi para calon pejabat telah diubah, penulisan makalah dilakukan secara langsung dan disaksikan oleh tim asesor.

“Asesmen kali kami rubah caranya dan lebih focus pada aspek penulisan makalah dan wawancara, kali ini penulisan makalah dilakukan secara langsung bukan lagi dibuat  dirumah lalu diperiksa tim asesor,” ungkap Sekretaris Tim Asesor Calon Pejabat Eselon II,  Idris Sudin, Sip, Msi.

Menurut Idris, aspek penting dalam penulisan makalah secara langsung, melalui tulisan tangan dengan waktu diberikan dua jam. Ini  dilakukan dalam rangka membuktikan original karya masing-masing para calon pejabat.

“Tidak seperti sebelumnya pada pelaksanaan asesmen para calon pejabat membuat makalah dirumah kemudian dikumpulkan lalu diuji, akan tetapi kebenaran pembuatan makalah belum ditentu dibuat para calon pejabat melainkan pihak tertentu atau lainya,” ungkap Idris.

   Dengan cara ini, lanjutnya, tim asesor dapat mengukur konstruksi pokok pikiran calon pejabat dalam memimpin sebuah OPD, sinkronisasi visi Pemerintahan yang besar dan turunannya pada implementasi tugas yang dibidangi. Penulisan tangan ini juga menjadi salah satu indkator penilaian,  mampu dan tidaknya seorang pejabat memdeposisi sebuah kebijakan yang berkaitan dengan tingkat keilmuan dan disiplin, serta tanggangujawabnya.

Harapan Idris yang juga Rektor Universitas Nuku Kota Tidore,  dengan model seleksi seperti ini dapat terekrut calon pejabat pengelola kelembangaan OPD  yang lebih professional dan mampu melakukan tugas pokok dan fungsinya terutama pelayanan public di kota Tidore bagi kota Tidore kepulauan kedepanya.

    Sementara itu Kepala Badan Kepegawaian dan sumber daya manusia (BKPSDM) Kota Tidore, Drs Sura Husaen menjelaskan, asesmen  yang  dilakukan Pemkot Tikep dilima jabatan yang kosong, diantaranya Dinas Nakentrans, Perkim , KB , Bencana Alam dan PMD diikuti oleh 15 orang dari 21peserta yang mendaftar yang dibuka sejak tanggal 14-16 Desember. (mdm/red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: