Mubin; DID Rp 14 Miliar Sudah Tersalur

dok Ollong : Mubin A Wahid (Ketua Komisi II DPRD Kota Ternate.

TERNATE-PM.com, Penyaluran bantuan yang dilakukan 6 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kota Ternate melalui Dana Insentif Daerah (DID) akhirnya selesai. Dana pemulihan ekonomi bagi warga terdampak pandemi Covid-19 di Kota Ternate senilai Rp 14 miliar yang bersumber dari Pemerintah pusat sudah terealisasi 100 persen. Ini disampaikan Ketua Komisi II DPRD Kota Ternate Mubin A. Wahid.

Mubin bilang, besaran bantuan yang disalurkan keenam OPD, yakni Dinas Pertanian, Dinas Pariwisata, Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Kelautan dan Perikanan, Dinas Koperasi dan UKM serta Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Ternate ini beda-beda.

Misalnya, kata dia besaran DID untuk Dinas Ketahanan Pangan senilai Rp 400 juta itu peruntukannya ada dua bidang, yakni Bidang Konsumsi dan Bidang Ketersediaan Pangan.

"Untuk Bidang Konsumsi, ada pengadaan pangan lestari seperti sayur-sayuran di tujuh kelurahan. Kemudian bidang ketersediaan pangan, dimana ada tiga kelurahan diprioritaskan yaitu kelurahan Dufa-Dufa, Sasa dan Rua,” ungkap Mubin.

Sementara, untuk Dinas Kelautan dan Perikanan, sambung Mubin, besaran DID nya kurang lebih Rp 2,2 miliar. Dimana pemanfaatannya juga diperuntukkan dua bidang, yakni penangkapan dan pengolahan.

"Bidang penangkapan meliputi pengadaan alat tangkap ikan tuna, pajeko, mesin tempel, dan juga tempat cetak es batu balok. Sementara, bidang pengolahan mencakup penyediaan coolbox, kendaraan roda tiga, alat kemasan dan kebutuhan pengolahan lainnya," terangnya.

Lanjut Mubin, pada prinsipnya setelah pihaknya melakukan kunker ke 6 OPD yang melakukan penyaluran DID ini semua bantuan untuk pemulihan ekonomi dampak Covid-19 ini sudah tersalurkan.

"DID di 6 OPD sudah selesai 100 persen dan tidak ada masalah. Meski begitu, kita akan tetap melakukan pengawasan berkelanjutan hingga satu tahun berjalan. Ini untuk memastikan apakah semua sudah selesai,” tandasnya. (agh/red)

Komentar

Loading...