SK Pemberhentian Tunggu Tandatangan Bupati

Nasib Empat Kades di Halbar Diunjung Tanduk

Ketua komisi l Atus Sandiang

JAILOLO-PM.com, Pemberhentian empat Kepala Desa (Kades) di Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) tinggal menunggu tandatangan Bupati Danny Missy. Keempat Kade itu, yakni Kades Ake Jailolo Kecamatan Jailolo Selatan, Kades Kuripasai Kecamatan Jailolo, Kades Togowo Kecamatan Tabaru dan Kades Togoreba Sungi Kecamatan Ibu.

"Rekomendasinya sudah dimeja Bupati,tinggal menunggu Bupati tiba dari luar daerah untuk ditanda tangani," terang Ketua komisi satu DPRD Halbar Atus Sandiang, Senin (18/01).

Keempat Kades yang dipastikan bakal di nonaktifkan itu, kata dia, sebelumnya menindaklanjuti rekoomendasi komisi satu. Dimana, keempat kades yang direkomendasikan untuk diberhentikan itu, khsusus kades Togowo lantaran terlibat kasus pornoografi, sisanya diduga penyalahgunaan dana desa.

"Rekomendasi yang kami keluarkan sebelumnya ada 8. Hanya saja, empat lainya dilakukan pembinaan," sambungnya.

Politisi partai Gerindra ini menegaskan, rekomendasi pemberhentian empat kades ini, tentunya sangat beralasan. Diantaranya mengacu pada Perda nomor 1 tahun 2009, serta hasil pleno BPD terkait pemberhentian kades.

Olehnya itu, dia berharap agar penoaktifan empat kades ini jiga secepatnya ditindaklanjuti, sehingga tidak mengganggu aktitas pemerintahan desa, terutama desa Kuripasai yang hingga saat ini kantor desanya tidak lagi beraktifitas.

"Khusus untuk desa kuripasai ini agak membingungkan juga.Karena aktifitas perkantoran desa tidak beroperasi," tukasnya.

Komisi satu, juga lanjut dia, dalam waktu dekat akan mengeluarkan rekomendasi kepada Pemda guna mengevaluasi kades Tongute Goin Kecamatan Ibu, yang berdasarlan laporan menahan gaji salah satu anggota BPD hampir setahun.

"Kadesnya sudah kami layangkan surat pemanggilan hampir tiga kali termasuk Camat, tapi tidak hadir," tutupnya. (wm01/red)

Komentar

Loading...