Pemda Haltim Bakal Teken Kerjasama dengan Kemenkeu

Kabid Pendapatan BPKAD Haltim, Ismail Addin.

MABA-pm.com, Pemerintah Daerah Halmahera Timur (Haltim) bakal mengadakan kerjasama dengan Kementerian Keuangan (Dirjen Pajak) dalam rangka mengoptimalisasikan pajak daerah dan pusat.

Kepala Bagian Pendapatan BPKAD Haltim, Ismail Addin mengatakan, rencana kegiatan kerja sama bakal berlangsung pada Agustus 2024.

"Direncanakan Bupati Ubaid Yakub menghadiri kegiatan tersebut. Akan tetapi untuk tempat kegiatan belum ditentukan, apakah di Kementerian atau di Maluku Utara," ujar Ismail, Senin (08/07/2024).

Dijelaskannya, inti dari kegiatan tersebut yakni optimalisasi pendapatan daerah dan pusat. Salah satu contohnya singronkan pajak hotel, makan minum dan pajak reklame antara daerah dan pusat, sesuai omset pertahun.

"Jangan sampai laporan yang masuk ke daerah berbeda dengan laporan yang masuk ke pusat. Itu yang harus disingkronkan," tuturnya.

Dikatakanya, semua sektor usaha baik kecil maupun besar terbaca di pusat, karena laporan SPT tahunan harus dilakukan.

"Jadi laporan SPT tahunan setiap usaha itu terbaca di pusat, makanya kita lakukan kerja sama untuk sinkronisasi laporan, sehingga pembayaran pajak itu tidak kurang maupun lebih," pungkasnya.

Komentar

Loading...