Paripurna LKPJ, Rekomendasi DPRD Tidore Pertegas Benahi Kebijakan Anggaran

Foto bersama pimpinan DPRD dan wali kota usai Paripurna rekomendasi LKPJ Pemerintah kota Tidore

TIDORE-PM.com, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tidore merekomendasi kepada pemerintah daerah agar membenahi segala bentuk kebijakan anggaran untuk keefektifan program dan kegiatan yang mencapai sasaran terutama untuk kepentingan masyarakat yang paling utama.

Dalam surat keputusan DPRD Tidore nomor 170/ /02/2022 dalam rapat paripurna masa persidangan II tahun 2022 pada Kamis (28/4/22) Pengesahan Keputusan DPRD Kota Tidore Kepulauan tentang Rekomendasi DPRD atas Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Pemerintah Daerah Kota Tidore Kepulauan Tahun 2021 belanja daerah disusun tidak berdasarkan suatu analisis kebutuhan yang nyata yang harus dikeluarkan oleh Pemerintah Daerah.

Anggaran belanja disusun secara linear, Peningkatan anggaran pemerintah hanya dirumuskan sebagai suatu peningkatan proporsional dari anggaran tahun berjalan, tanpa mempertimbangkan kebutuhan yang nyata.

Dalam belanja daerah tahun 2021 masih banyak kita jumpai komposisi belanja operasional yang lebih besar dari belanja modal, Proses belanja daerah harusnya diupayakan tercapainya siklus anggaran yang tepat waktu serta cakupan rencana kerja yang tidak hanya menggambarkan kebijakan umum pemerintah daerah tetapi juga sudah mencakup detail program yang komprehensif termasuk dalam hal estimasi pembiayaannya.

Selain itu pada keputusan DPRD secara tegas mengingatkan kepada pemerintah daerah bahwa catatan dan Rekomendasi DPRD untuk LKPj tahun 2020 yang belum dilakukan Pemerintah Daerah dalam hal ini Dinas Pertanian yang merupakan sektor unggulan Kota Tidore Kepuluaan dan Badan Penyuluh Pertanian (BPP) adalah Garda terdepan dalam mendorong Petani lewat kelompok Tani untuk meningkatkan kwalitas dan kwantitas Produksi Pertanian. DPRD Kota Tidore merekomendasikan ke Pemerintah Daerah agar mengoptimalkan fungsi-fungsi BPP dan mendorong Operasional untuk petugas BPP di lapangan.

Paripurna yang dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Kota Tidore Ahmad Ishak dan dihadiri oleh 23 dari 25 anggota terdapat berbagai catatan dan rekomendasi terkait Kinerja Pemerintah Kota Tidore Kepulauan.

Menanggapi penyampaian Catatan dan Rekomendasi LKPJ pada Rapat Paripurna tersebut, Wali kota Tidore Ali Ibrahim mengungkapkan akan segera menindaklanjuti catatan dan rekomendasi yang disampaikan oleh DPRD, karena ini juga menjadi bahan koreksi terhadap Pemerintah Daerah termasuk Kepala Daerahnya.

"Catatan dan Rekomendasi yang disampaikan tadi menjadi bahan koreksi untuk Pemerintah Daerah termasuk kami Kepala Daerah, olehnya itu saya sampaikan kepada seluruh SKPD yang hadir agar bisa mempelajari kembali dan melakukan kajian mengapa semua bisa terjadi," Tutur Ali Ibrahim.

Ali Ibrahim juga menambahkan, dirinya bersama Wakil Wali kota Muhammad Sinen akan memantau langsung tindaklanjut mempelajari kembali Catatan dan Rekomendasi  DPRD Kota Tidore Kepulauan terkait LKPJ Pemerintah Daerah Kota Tidore Kepulauan Tahun 2021.

Rapat Paripurna tersebut diakhiri dengan penandatanganan Catatan dan Rekomendasi DPRD Kota Tidore Kepulauan terhadap LKPJ Kota Tidore Kepulauan Tahun 2021, dan Penyerahan Dokumen Surat Keputusan Catatan dan Rekomendasi dari Ketua Ketua DPRD ke Wali kota Tidore Kepulauan.

Turut hadir dalam Rapat Paripurna tersebut Sekretaris Daerah Kota Tidore Kepulauan Ismail Dukomalamo, Unsur Forkopimda, Pimpinan OPD serta Para Camat se-Kota Tidore Kepulauan.(Mdm/red)

Komentar

Loading...