Pasien Positif dari Halut, Tidak Masuk Dalam Daftar Kasus Positif Covid-19 di Malut

Pasien Positif Asal Demak Jawa Tengah yang berada di Halmahera Utara

TERNATE- PM.com,  Gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 Provinsi Maluku Utara mengkonfirmasi status kasus terbaru, Minggu (19/4/2020), jumlah orang tanpa gejala (OTG) 152 orang, orang dalam pemantauan (ODP) 263 orang, pasien dalam pemantauan (PDP) 4 orang, status terkonfirmasi positif covid-19 4 orang, dan sembuh dari Covid-19 2 orang.

Juru bicara Gugus Tugas Malut, dr. Alwia Assagaf, dalam konfrensi pers mengungkapkan, kenapa saat ini tetap 4 orang yang terkonfirmasi Covid-19, karena saat ini kasus positif yang ditangani di Provinsi Maluku Utara.

“Sebenarnya sudah 5 orang seperti teman-teman ketahui, namun pasien dari Halut sebelumnya tetkonfirmasi di Jawa Tengah, jadi pasien ini sudah masuk pencatatan kasus terkonfirmasi Covid-19 di demak, sehingga kita tidak masukan daftar di Malut," ungkap Aulia.

Sementara Jumlah orang tampa gejala hari ini terjadi peningkatan sebanyak 25 kasus tambahan, ini merupakan hasil penyelidikan epidemologi pasien terkonfirmasi positif di Jawa Tengah yang melakukan perjalanan ke Halmahera Utara.

 "25 orang ini, sudah dilakukan rapid test dan hasilnya non reaktif, namun dapat diduga belum memasuki waktu selama 7 hari," ucapnya.

Sedangkan untuk kasus ODP terjadi penurunan sebanyak 2 orang secara kumulatif karena telah selesai masa pemantauan selama 14 hari, untuk kasus PDP ada pengurangan 1 orang dari Halmahera Utara yang sebelumnya memang dirawat di RSUD CB Ternate, namun dipindahkan ke ruangan penyakit dalam, karena uji spesimen dinyatakan negatif sehingga dikeluarkan dari PDP. (Ris/red)

Komentar

Loading...