Pasien Sembuh Covid-19 Dikembalikan ke Halbar

Kilab Husen bersama Dinkes Halbar

JAILOLO-PM.com, Kilab Husen, salah satu pasien yang dinyatakan sembuh dari Corona Virus (Covid-19) oleh tim medis Gugus Tugas (Gustu) Provinsi, kini telah kembali bersama keluarganya di Desa Payo Tengah Kecamatan Jailolo, Kabupaten Halmahera Barat (Halbar), Minggu (31/05/20).

Kilab adalah salah satu pasien Covid-19 yang dianggap sangat koperatif mengikuti protocol kesehatan, karena saat dirinya dijemput di rumah, kemudian di bawa ke RSUD Jailolo untuk menjalani perawatan, dirinya tidak pernah menolak, bahkan saat dirinya di rujuk ke RSUD CB, kemudian menjalani isolasi di Hotel Sahid Bella Ternate, Kilab tetap mengikuti protocol kesehatan padahal Kilab sendiri hanya memiliki riwayat penyakit malaria, namun berbesar hati ketika hasil Rapid Testnya raktif dan dijemput oleh tim medis dari Puskesmas Jailolo di rumahnya.

”Waktu saya dijemput di rumah oleh tim Puskesmas Jailolo, saya sudah menyampaikan kenapa saya tidak di jemput ketika saya baru datang, karena pas turun dari kapal waktu itu saya sudah sakit. Tapi, alhamdulilah saat ini saya sudah sembuh dan tidak menularkan penyakit kepada orang lain dan itu bentuk syukur saya yang paling besar,”ungkap Kilab saat tiba di pelabuhan Vip Room Jailolo.

Di jemput langsung Kepala Dinas Kesehatan Rsofince Kalengit, Kepala BPBD Imran Lolori, Asisten I Fence Muluwere dan Kepala Puskesmas Jailolo, lksan Dagasuly.

Kilab mengaku, dirinya berbesar hati mengikuti semua protocol kesehatan, karena dirinya tidak menginginkan apa yang dia alami, dialami juga keluarganya, lingkunganya atau masyarakat di halbar, sehingga ketika dirinya dijemput, dirinya langsung mengikuti dengan cara suka rela. Bahkan saat ini dirinya juga telah mengantongi surat resmi dari tim medis provinsi, terkait statusnya yang sudah negative Covid-19, bahkan dirinya diminta menyampaikan surat ke Dinkes atau RSUD, jika sewaktu waktu dirinya harus kembali berobat di RSUD Jailolo.

”Yang saya lakukan adalah ingin menjaga keluarga saya dan untuk orang banyak, sehingga apa yang saya alami cukup saya saja jangan lagi terjadi pada keluarga saya. Itu harapan terbesar saya, sehingga ketika saya dipanggi untuk menjalani pengobatan saya pergi dengan suka rela, karena saya mengingikan keluarga saya terhindar penyakit yang saya alami,”ujarnya.

Sementara Kadinkes Rosfince Kalengit menyampaikan permohonan maaf, jika saat proses pengobatan ada kekurangan, bahkan Ronfince memberikan apresiasi kepada Kilab, karena selalu mengikuti protocol kesehatan, hingga dinyatakan sembuh dari Covid-19.

”Saya salut, karena pak Kilab berpikir positif dan memikirkan keluarganya agar tidak tertular penyakit. Memang kesehatan keluarga sangat penting, jadi apa yang dilakukan oleh pak Kilap harus diapresiasi,"tutupnya. (wm01/red)

Komentar

Loading...