Pemakaman Sekda Tidore Pakai Protap Covid-19

Petugas melakukan pemakaman Jenazah Sekda saat tiba di tempat pemakaman

TIDORE-PM.com, Sekretaris Daerah ( Setda) Kota Tidore Kepulauan Drs Asrul Sani Soleman, yang juga Sekretaris penanganan Covid-19 Kota Tidore, dikebumikan berdekatan dengan Almarhum Ayahnya di lingkungan Rw 02 RT 02 Komplex TPU Soawambelo Kelurahan Soasio Kecamatan Tidore Pulau, tepat pukul 12.10 Wit dengan protap Covid-19 Sabtu (23/05/20) siang tadi.

Amatan Posko Malut, Jenazah yang tiba di Kota Tidore pukul 11.55 Wit disambut ratusan pelayat di kediamannya, isak tangis tak bisa terbendung sanak saudara dan para kerabat di kota Tidore.

Jenazah yang kemudian hanya sampai di depan pintu itu kemudian dilakukan Upacara pelepasan yang dihadiri, Wali Kota Tidore Capt H Ali Ibrahim, Sekprov Maluku Utara, Tim Gugus Provinsi, Kota Tidore, Sultan dan Forkompimda kota Tidore. Pihak Keluarga yang ikut mengantarkan Jenazah ditempat peristrihatan terakhir seluruh menggunakan APD lengkap dan masyarakat umum dilarang untuk mendekat diareal pemakaman.

Kedatangan Jenazah disambut Warga Tidore

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tidore dr Abdullah Maradjabesy, dalam konferensi Pers usai pemakaman menjelaskan bahwa protap pemakaman sesuai dengan kondisi Covid, Sekretaris Daerah Drs H Asrul Sani Soleman masuk rumah sakit dengan keluhan panas dengan sesak napas, Pasien kemudian dimasukan ke ruang isolasi dan dilakukan pemeriksaan diantaranya pemeriksaan darah dan Rongseng dengan hasil gejala Pneumonia.

Meksipun demikian, sesuai dengan keluhan Pasien maka pihak RSU melakukan pemeriksaan kesehatan terbaik dengan pengambilan Rapid tes kepada pasien dan istri, sekaligus Swab dengan hasil Non Reaktif, karena kondisi Pandemi dengan keluhan pasien maka Pasien kemudian durujuk ke RSU CB Ternate untuk mendapat pelayanan dengan alasan tersedianya alat dan Dokter paru-para disana. "Kami belum bisa pastikan hasil Swab kedua dari pihak RSU CB Ternate, jika sudah baru dapat kami sampaikan tetapi jelasnya Rapid dan Swab pertama Non Reaktif,’’ terang Abdullah.

Olehnya itu, Abdullah belum bisa menyatahkan hasil ahir pemeriksaan Swab karena masih menunggu hasil yang nantinya disampaikan Tim Gugus Covid-19 Provinsi, dirinya berharap hasilnya Non reaktif, bilamana positif maka banyak pihak yang nantinya akan dutracking guna kepentingan pecegahan. "Kami semua berharap hasilnya Non Reaktif, jika positif maka seberapa banyakpun yang berkontak langsung akan kami tracing,’’ Pungkas Abdullah. (mdm/red)

Komentar

Loading...