Pembentukan Tim Pengawas Covid-19 DPRD Ternate Dinilai Keliru

Zaenal Hi Hasan

TERNATE-PM.com, Mantan Anggota DPRD 3 periode Zaenal H Hasan yang saat ini menjabat sebagai staf ahli Fraksi Adil Makmur, ikut memberikan sumbangsih pemikiran terkait situasi penanganan Covid-19 di Kota Ternate belakangan ini.  

Menurutnya, DPRD dalam menjalankan fungsi pengawasan belum berjalan optimal. Dimana, DPRD sebagai representasi rakyat seharusnya mendorong percepatan penanganan Covid-19, yang belum maksimal karena Kota Ternate sebagai pintu masuk dan masuknya manusia dari daerah tertular, juga sangat signifikan baik lewat darat maupun laut.

Seharusnya DPRD dalam fungsi pengawasan segera membentuk alat kelengkapan lain, yang diatur dalam Tatib DPRD. Mekanisme Pansus ini jangan disalah tafsirkan sebagai instrumen yang hadir ketika ada masalah, melainkan Pansus DPRD terkait penananganan Covid-19 dibentuk untuk memberikan masukan dan pengawasan agar Pemkot dalam hal ini Tim Covid-19 kerja maksimal, dan terhindar dari masalah.

 “kok yang dibentuk malah Tim Pengawas Covid 19 DPRD? Inikan tidak diatur dalam Tatib DPRD, harusnya keputusan Badan Musyarawah DPRD tetap mengacu kepada Tatib DPRD, karena ini menyangkut keabsahan dan pertangungjawaban kinerja DPRD,” ujarnya.

Ia sangat menyayangkan pembentukan Tim Pengawas Covid 19 DPRD, karena DPRD itu bukan OPD atau SKPD yang menbentuk tim pengawasan. Fungsi pengawasan itu sudah melekat dalam tugas dan fungsi semua anggota DPRD sejak pengambilan sumpah jabatan.

“Kami menyarankan biar kerja-kerja DPRD maksimal dan terjamin keabsahannya, segera meleburkan Tim Pengawasan Covid-19 DPRD, dan segera dorong pembentukan Pansus agar masyarakat bisa memberikan apresiasi kepada lembaga rakyat, atas upaya sesuai kewenangannya membantu, dan mendorong Pemkot agar lebih maksimal dalam hal corona ini,”tandasnya.

Ada sejumlah persoalan yang harus menjadi prioritas DPRD, yakni soal alokasi dihabiskan lebih banyak untuk rapat-rapat, belum lagi dampak sosial, dampak ekonomi, bagaimana ketersediaan APBD dalam situasi ini, bagaimana skema pembiayaan, skema belanja. “Semua pos alokasi anggaran itu juga penting dirasionalkan, agar sinergisitas DPRD dan Pemkot berjalan seirama dalam penanggulangan Covid 19 ini,”pungkasnya. (red)

Komentar

Loading...