Pemda Halbar Rayakan HUT ke 17

Rayakan HUT Halbar ke 17

JAILOLO-PM.com, Kabupaten Halmahera Barat (Halbar), Selasa (25/2/2020) genap berusia 17 tahun. Sejumlah kegiatan yang disiapkan Pemkab Halbar dapat terlaksana dengan meriah. Salah satunya adalah kirab budaya yang diikuti ratusan masyarakat Halmahera Barat.

Masyarakat yang datang dari berbagai kecamatan pada pawai budaya tersebut, menampilkan potensi budaya di masing-masing kecamatan. Pawai dimulai dari depan gedung kantor Bupati, tepatnya di jalan Pengabdian yang dimulai pukul 07.30 WIT dengan melewati alun-alun Kota Jailolo dan menuju gedung DPRD yang berjarak kurang lebih 2 kilometer.

Proses pawai itu, berbagai atribut budaya digunakan masing-masing masyarakat yang dikawal pasukan pembawa bendera, simbol budaya dari pihak Kesultanan Jailolo, yang diikuti langsung Bupati Danny Missy, Ketua DPRD Carles R. Gustan, Sultan Jailolo Ahmad Syah, seluruh OPD, serta ratusan siswa siswi dari berbagai sekolah.

Kirab budaya itu diyakini masyarakat adalah sebuah tradisi seni yang merupakan proses ritual masyarakat sebagai daerah budaya dibawah kesultanan Jailolo. Ketua panitia, Muhammad Marasabessy menyatakan, kirab budaya yang digelar dalam rangka melestarikan budaya yang ada di Halbar. ”Kirab budaya ini bertujuan agar adanya kepedulian dari pemerintah daerah terhadap budaya yang ada, dan ini tentu akan terus digelar sehingga budaya tetap terjaga," kata  Ketua Panitia Muhammad Marasabessy kepada Posko Malut, Selasa (25/02/2020).

Setelah kirab budaya, Danny Missy bersama rombongan menghadiri sidang paripurna istimewa HUT Halbar ke-17 di DPRD Halbar. "Kegiatan hari ini dapat berjalan dengan baik, dan kami berharap tahun-tahun berikutnya kegiatan HUT Halbar dapat dirayakan dengan baik dan Halbar lebih maju kedepan," tutupnya. (wm01/red)

Komentar

Loading...