poskomalut.com
baner header

Pemda Halsel Terima Alat PCR dari Harita Nikel

LABUHA-PM.com, Perusahaan pertambangan Harita Nickel yang beroperasi di Halmahera Selatan (Halsel), Maluku Utara melaporkan perkembangan penanganan Covid 19 di Perusahaan kepada Bupati Halsel Bahrain Kasuba pada 30 Juli 2020 di Labuha, Halsel. Harita Nickel yang diwakili Direktur Utama Trimegah Bangun Persada Donald Hermanus menyampaikan upaya-upaya yang dilakukan dalam mencegah Covid 19 di lokasi operasional di Kawasi, Obi.

Pada kesempatan tersebut, Donald juga menyampaikan komitmennya untuk terus mendukung Pemerintah dalam upaya menangani dan mencegah Covid-19, dengan menyerahkan bantuan 1 unit alat polymerase chain reaction (PCR) secara simbolis kepada Bupati Halsel. Alat ini berfungsi untuk mendeteksi virus Covid-19 pada tubuh seseorang.

Penyerahan bantuan disaksikan langsung oleh Sekda Halsel Helmi Surya Botutihe, Dandim 1509 Labuha Letkol. Inf. Imam Khanafi, Liaison Officer (LO) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Laksamana TNI (Pur) A. Bambang Pratiknyo, dan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Halsel Hasna Muhammad.

Harita juga membantu kelengkapan pendukung operasionalnya, antara lain 1.500 swab dan VTM (Virus Transport Medium) sebagai tempat spesimen dari proses swab. 600 cassette yang sudah diisi dengan reagent PCR cartridge juga disertakan, sehingga dapat digunakan untuk 600 spesimen. Melalui penyerahan seperangkat bantuan ini, Harita Nickel membuktikan sinergi dan komitmennya bersama Pemda Halsel dalam menanggulangi pandemi covid-19.

Donald mengungkapkan, dengan adanya alat PCR ini, Pemkab Halsel tidak perlu lagi mengirimkan hasil swab ke luar daerah. Warga yang diduga terpapar Covid-19 dapat langsung terdeteksi dengan cepat dan akurat positif atau tidaknya. Ini sangat membantu dalam penanganan dan pencegahan Covid-19 di Halsel.

“PCR yang kami serahkan merupakan tipe Aries produksi Luminex, Amerika Serikat. Alat ini dapat melakukan pengujian 12 spesimen setiap 2 jam. Jadi dalam sehari tenaga medis dapat menguji lebih dari 100 spesimen. Kami yakin PCR ini sangat membantu pemerintah dalam upaya mendeteksi penyebaran Covid-19, sehingga dapat dilakukan penanganan yang cepat dan tepat,” ungkap Donald.

Bupati Halsel Bahrain Kasuba mengucapkan terimakasih dan apresiasinya kepada Harita Nickel yang selama ini telah mendukung Halsel dengan berbagai cara dalam upaya melawan pandemi Covid-19. Bupati juga mengapresiasi upaya perusahaan dalam menjaga wilayah operasionalnya dari paparan pandemi Covid.

“Kami berbangga dan berterima kasih kepada Harita Group yang begitu peduli terhadap daerah ini. Tentu kami pun berharap bahwa kerja sama dapat terus terbangun demi peningkatan pelayanan kepada masyarkat,” ujar Bupati.

Menurutnya, alat PCR ini sangat penting bagi masyarkat Halsel karena sampel pemeriksaan Covid-19 tidak perlu lagi dikirimkan ke Makssar ataupun Manado.

Bupati menambahkan, melalui bantuan ini, Harita Group telah ikut serta dalam aksi kemanusiaan di Halmahera Selatan dalam penanganan Covid-19. Menurutnya, wabah ini cukup menganggu stabilitas daerah, bahkan dunia. Ia berharap alat ini dapat mencukupi kebutuhan pencegahan dan penanganan penyakit di Kabupaten Halsel.

“Kami pun tetap memberikan kesempatan seluas-luasnya untuk berinvestasi, mengelola berbagai macam potensi daerah untuk mensejahterakan masyarakat yang ada di Halmahera Selatan, dan juga membangun daerah ini dengan baik,” tegas Bahrain yang mengapresiasi dukungan Harita selama ini.

Alat PCR ini juga dilengkapi alat-alat pendukung lainnya, seperti kabinet penyimpanan sample, alat sterilisasi Tomy Autoclave SX Series, serta alat pendingin sample. Alat PCR ini juga dapat mendeteksi infeksi Human Immunodeficiency Virus (HIV), Hepatitis C, Infeksi cytomegalovirus, Infeksi human papillomavirus (HPV), Gonore, Klamidia, penyakit Lyme dan juga Pertusis (batuk rejan).

“Jadi, alat ini akan sangat bermanfaat ke depannya meski pandemi ini telah berakhir. Semoga dukungan ini semakin mempercepat Malut terbebas dari pandemi Covid-19. Dengan adanya alat PCR ini bukan berarti masyarakat boleh lengah. Disiplin terhadap protokol kesehatan tetap harus dilaksanakan di manapun dan kapanpun,” imbau Donald.

Pada kesempatan ini, Harita Nickel juga menambah bantuan tempat karantina dengan menyewa sebuah hotel di daerah Labuha dengan kapasitas 40 kamar. Sebelumnya, Harita Nickel telah menyewakan sebuah hotel sebagai tempat karantina. Harita juga telah menyerahkan berbagai bantuan lainnya kepada Pemda Halsel yakni 5 unit ventilator, kacamata pelindung, pakaian hazmat, masker, cairan pembersih tangan, tisu antiseptik, alat pengukur suhu tubuh, dan paket peralatan tes cepat (rapid test kit). (red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: