poskomalut.com
baner header

Pemkab Halteng Siapkan Anggaran Pendidikan Dokter Spesialis untuk Putra-Putri Halteng

WEDA-PM.com, Pemerintah Halmahera Tengah (Halteng), saat ini telah menyiapkan anggaran untuk membiayai pendidikan dokter spesialis, bagi putra-putri di daerah itu. Ini disampaikan Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Pemkab Halteng, Rijja Rajana.

“Pemda telah menyiapkan dana bagi putra- putri daerah, untuk mengambil dokter spesialis. Baik itu dokter spesialis penyakit dalam, spesialis bedah, spesialis anak, anastesi, dan kandungan, serta penunjang lainnya,” ucap Kadinkes, Halteng, Rijja Rajana (23/2/2020).

Menurutnya, anggaran yang disiapkan ini, untuk jangka panjang dengan memaksimalkan dan memanfaatkan tenaga dokter putra putri daerah, atau yang bertugas di Halteng. “Jadi Pemda telah siapkan program yang sifatnya jangka panjang,” jelasnya.

Untuk jangka pendek, Pemda juga telah siapkan anggaran untuk mengontrak dokter spesialis, agar ditempat di rumah sakit umum (RSU) Weda. “Setiap dokter yang kita kontrak itu minimal satu tahun, itu sifatnya manual,” katanya. Yang sementara berjalan, direkrut secara manual, dengan demikian langkah-langkah ini dilakukan dengan harapan dalam waktu dekat RSUD Weda, sudah punya dokter spesialis.

“Untuk sementara pelayanan kami sudah sekenariokan. Jadi teman-teman yang bertugas di Puskesmas, kalau ada rujukan langsung saja ke RSUD Tidore, atau Ternate,” jelasnya, seraya menyampaikan, pihaknya telah berkoordinasi dan menyurat ke Kementerian Kesehatan (Kemenkes), agar RSUD Weda, menjadi lokus penempatan dokter spesialis. Namun, setelah dikonfirmasi dokter wajib kerja di daerah terpencil itu ternyata belum ada. (msj/red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: