poskomalut.com
baner header

Pemkab Haltim Imbau Stop Buang Sampah di Laut dan Sungai

MABA-PM.com, Dinas Pertanahan dan Lingkungan Hidup (DPLH) Kabupaten Halmahera Timur (Haltim), meminta masyarakat berhenti buang sampah ke badan air, termasuk sungai dan laut. 

Kepala DPLH Haltim Harjon Gafur, mengatakan membuang sampah ke sungai dan laut akan berdampak pada pencemaran lingkungan. Lantaran itu ia meminta masyarakat tidak membuang sampah di laut dan sungai guna mengantisipasi terjadinya banjir dan bencana lainnya serta pencemaran air. “Secara nyata banyak sampah di laut dan sungai sehingga butuh kesadaran masyarakat tidak membuang sampah sembarangan,”kata Harjon, kepada wartawan, Kamis (05/12/2019).

Untuk Kecamatan Kota Maba, lanjut dia,  instansinya sudah menyediakan mobil sampah yang dioperasikan setiap pagi dan sore sehingga masyarakat cukup mengumpulkan sampah di depan jalan yang bisa dilewati mobil sampah.”Cukup sudah membuang sampah di laut dan sungai karena pemerintah sudah sediakan Armada mobil sampah,”cetusnya. Ia mengatakan air dan laut  merupakan sumber kehidupan masyarakat maka stop buang sampah di sungai dan laut yang dipastikan tercemar jika banyak sampah yang tergenang.”Sampah juga membahayakan kesehatan, sehingga harus membuang pada tempatnya,”katanya. (zhar)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: