Pemkot Ternate Was-Was Menanti DAK Integritas

Wali Kota Ternate, Burhan Abdurahman

TERNATE-PM.com, Melalui Zoom meeting, Wali kota Ternate Burhan Abdurahman melakukan rapat tekhnis dengan Kementrian PUPR, terkait program DAK integritas, pasalnya Ternate masih masuk dalam 16 Kota yang terpilih memperoleh program tersebut.

Dari 40 Kota yang masuk dalam DAK integrasi disaring menjadi 33 kota, dan kemudian disaring lagi menjadi 16 Kota, dan Ternate masuk dalam 16 Kota tersebut, namun tak sampai disitu saja karena akan disaring lagi menjadi 10 Kota.

Pembukan rapat tehnis tersebut, dilakukan untuk presentasi masing-masing Kota. "Ternate nanti gilirannya di tanggal 5 Mei, untuk kawasan Makasar Timur masuk dalam DAK integrasi,"katanya.

Walikota mengaku, DAK integritasi tersebut peruntukannya untuk perumahan, sanitasi dan air bersih, jadi nanti kawasan kumuh akan berubah menjadi kawasan yang tertata dengan baik, seperti perumahan yang disiapkan oleh Kementrian.

"Jadi presentasi ini untuk melihat kesiapan daerah menjemput program DAK integrasi, anggarannya cukup besar namun belum tahu berapa,"kata walikota.

Ia pun mengaku, DAK integrasi ini realisasinya nanti ditahun 2021. "Tahun ini lakukan presentasi untuk kesiapan seperti lahan,"ujarnya.

Walikota mengaku, Kawasan Makasar timur ini berada di tengah kota, maka disarankan kepada Kementrian untuk memberikan kesempatan pada Ternate dapat memperoleh program ini. "Dalam rapat tersebut hanya dua walikota yang hadir, semoga ini menjadi poin, mudah-mudah mereka dapat melihat keseriusan pemerintah kota dengan hadirnya walikota yang siap segala yang menjadi tanggung jawab kota,"ungkapnya.

Menurutnya, kawasan Makasar Timur ini sudah lama diusulkan, hanya saja kendalanya pada masyarakat. "Kebakaran terakhir ini saya minta untuk pasang polis line untuk tidak membangun, agar kita bisa menata sekaligus,"ujarnya. "Kita berharap Ternate dapat DAK dari 10 daerah yang diberikan program ini,"tandasnya. (Cha/red)

Komentar

Loading...