poskomalut.com
baner header

Pemkot Tikep Bahas Evaluasi SAKIP Dan Sail Tidore 2021

TIDORE-PM.com, Pemerintah Kota Tidore Kepulauan melalui Bagian Organisasi, Rabu (4/3/2020) menggelar rapat tindaklanjut evaluasi atas Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah  (SAKIP) oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KEMENPAN dan RB) Tahun 2019

Rapat yang dihadiri langsung oleh Wali kota Capt H.Ali Ibrahim Bersama Wakil Wali kota Muhammad Senin dan Sekretaris Daerah Kota Tidore Kepuluan, Asrul Sani Soleiman serta para Asisten, staf Ahli Wali kota, para Pimpinan OPD Bersama Admin SAKIP OPD sekaligus dilanjutakan dengan rapat lanjutan persiapan pelaksanaan Sail Tidore tahun 2021.

Wali kota pada kesempatan ini mengatakan setelah menerima penghargaan  SAKIP Tahun 2019 pada bulan Februari di Jogjakarta  lalu yang diserahkan langsung oleh Menteri PAN RB maka Wali kota mengharapkan adanya komitmen bersama untuk melakukan perbaikan managemen kinerja baik pada pemerintah daerah maupun perangkat daerah sehingga dapat mendorong peningkatan nilai SAKIP tahun 2020 dengan predikat BB. “ Capaian predikat BB akan berpengaruh pada perolehan pendapatan Dana Insetif Daerah”ungkap Wali kota.

Senada juga Wakil Wali kota yang menekankan bahwa perlu ada sinkronisasi dan keterbukaan di perangkat daerah dan semua pihak terkait agar proses menuju perbaikan managemen kinerja pemerintah daerah dapat berjalan dengan baik agar mendapat nilai yang lebih bagus dari Tahun 2019.

Kepala Bagian Organisasi, Muhammad Sjarif dalam laporan awalnya menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada Wali kota dan Wakil Wali kota yang sangat peduli dan komitmen terhadap Penerapan SAKIP. Lanjut Sjarif, Sesuai hasil evaluasi Kemenpan RB , SAKIP Kota Tidore memperoleh nilai 57,81 atau predikat CC.  Untuk itu perlu perbaikan lebih lanjut.

Menurutnya Rapat evaluasi tindaklanjut SAKIP ini bertujuan Mewujudkan ASN yang Berkinerja, Birokrasi yang Berwibawa, Meningkatkan Kepercayaan Publik,dan mendorong  Pendapatan Daerah melalui Dana Insentif Daerah.’’ujar Muhammad.

Sementara itu  Terkait dengan Sail Tidore , setelah keluarnya Surat Keputusan Menko Maritim Nomor 28 Tahun 2020 tentang Sail Tidore 2021.  Wali kota berharap agar SK tersebut langsung ditindaklanjuti oleh OPD terkait.’’ SK sudah kita terima  tentang Sail, Seluruh OPD diharapkan untuk mulai bergerak menyiapkan apa yan harus disiapkan dalam menghadapi moment Sail kedepan  dari sekarang,’’ tutur Ali Ibrahim. (mdm/red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: