poskomalut.com
baner header

Pemkot Tikep Libatkan Wali Kota Jayapura

Terkait Pengusulan Sultan Syaedul Pahlawan Nasional

TIDORE-PM.com, Pemerintah Kota (Pemkot) Tidore Kepulauan (Tikep), melibatkan  Wali Kota Jayapura, Dr Benhur Tomi Mano MM, untuk menjadi pemateri dalam seminar nasional usulan Sultan Syaedul Jehad Amiruddin Syaifuddin Syah menjadi pahlawan Nasional, yang diselenggarakan Universitas Nasional  pada 12 Maret di Jakarta mendatang

Harapan keterlibatan Wali Kota  Jayapura, Dr Benhur Tomi Mano MM disampaikan Wali Kota Tidore Capt H Ali Ibrahim MH, setibanya di Kota Jayapura, Jumat (7/02) dalam rangka  menghadiri Pengukuhan  Pengurus Kerukunan Keluarga Maluku Utara (KKMU) Propinsi Papua dan Paguyuban bersama Wakil Wali Kota Muhammad Sinen.

“Kami harap Wali Kota Jayapura bagian dari sejarah Tidore bisa hadir dalam seminar Nasional 12 Maret di Universitas Nasional Jakarta untuk mendukung Pemerintah Kota Tidore dalam usulan menjadikan Sultan Tidore menjadi Sultan Syaedul Jehad Amiruddin Syaifuddin Syah Pahlawan sebagai Nasional Indonesia,’’ kata Ali Ibrahim.

Menurut Ali Ibrahim, Sultan Zainal Abidin Syah menjadi Gubernur pertama Irian Barat yang berkedudukan di Soasio, Tidore, sejak Irian Barat saat itu menyatakan kesetaiaanya bergabung ke Negara Kesatuan Republik Indonesia. “Jadi,  kami minta Pak Wali kota Jayapura untuk mendukung upaya kami ini, sekaligus meminta beliau untuk hadir dalam seminar nasional tersebut sekaligus menjadi salah satu narasumber,” jelas Ali Ibrahim.

 Sementara itu, Wali Kota Jayapura Benhur Tomi Mano, menyebutkan, Tidore dan Papua memiliki keterkaitan sejarah dan budaya yang tidak bisa diabaikan oleh siapapun, termasuk pemerintah pusat. Dirinya menegaskan, atas nama Pemerintah Daerah dan masyarakat Kota Jayapura, akan memberikan dukungan sepenuhnya kepada Pemerintah Daerah Kota Tidore Kepulauan yang akan mengusulkan ke Pemerintah RI untuk menjadikan Sultan Tidore, Zainal Abidin Syah, sebagai Pahlawan Nasional.

Bahkan, dirinya menyanggupi permintaan Wali kota Tidore kepulauan menjadi narasumber pada seminar nasional pada tanggal 12 Maret mendatang  di Universitas Nasional di Jakarta. “Saya akan hadir bersama teman-teman saya warga tidore yang bekerja di Kota Jayapura dalam seminar nasional tersebut,” ungkapnya.

Hubungan kekerabatan Kota Jayapura dan Tidore Kepulauan memiliki dari segi pemerintah dan keagamaan, dirinya mengaku merasa bangga karena mendapat kunjungan kehormatan dari Wali kota Tidore Kepulauan bersama rombongan.

“Saya atas nama pemerintah, masyarakat dan leluhur di tanah ini, menyampaikan terima kasih banyak kepada Wali kota Tidore yang telah berkunjung di negeri matahari terbit, Tanah Tabi Port Numbay ini,” tambah Benhur.

Dalam kunjungan ke Kota Jayapura, Wali kota Tidore Kepulauan , Wakil Wali Kota , didampingi kepala Dinas Sosial Kota Tidore, Amir Gorotomole dan Kepala Badan Pendapatan Daerah Tidore Abdul Rasyid Fabanyo yang sempat menjabat sebagai Camat Ilu di Kabupaten Puncak Jaya, Irian Jaya (sekarang Papua) tahun 1997.

Menanggapi permintaan Wali Kota Tidore,  Wali Kota Jayapura, Dr Benhur Tomi Mano MM,sangat merespon baik dan memberikan apresiasi kepada Pemerintah kota Tidore atas keterlibatanya dalam pengusulan Syaedul Jehad Amiruddin Syaifuddin Syah sebagai Pahlawan Nasional. “Saya akan hadir bersama-sama dengan orang Tidore dalam seminar nanti,’’ ungkap Tomi.

Pada kesempatan ini juga atas nama pemerintah, masyarakat dan leluhur ditanah Jayapura , dirinya menyampaikan terima kasih banyak telah tiba dinegeri matahari terbit, Tanah Tabi Port Numbay,  hubungan kekerabatan Kota Jayapura dan Tidore Kepulauan memiliki keterkaitan dari segi pemerintah dan keagamaan.’’ Pungkasnya Tomi. (mdm/red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: