Pemudah Muhammadiyah Kota Ternate Resmi Gelar Musda ke III

Foto bersama usai pembukaan Musda III Pemuda Muhammadiyah Kota Ternate.

TERNATE-PM.com, Musyawara Daerah (Musda) ke III Pimpinan Daerah Pemudah Muhammadiyah (PDPM), Kota Ternate, resmi di gelar, Kamis (26/11/20) malam di Aula Kantor Wali Kota Ternate.

Musda di buka secara resmi Sekretari Daerah (Sekda) Kota Ternate, Jusuf Sunya. Dalam sambutanya Sekkot mengatakan, ditinjau dari historisnya, Pemuda Muhammadiyah yang lahir 2 Mei 1932, sangat berkontribusi dalam pembentukan NKRI, untuk itu, Musda Pemuda Muhammadiyah Kota Ternate, diharpkan mampu melahirkan kesadaran kolektif, dan menjaga konsensus keumatan, kebangsaan dan sinergitas pembangunan agar cita-cita mulia gerakan dapat diwujudkan.

Kata Sekkot, ditengah sirkulasi kepimimpinan, dinamika politik pada momentum pemelihan wali kota dan wakil wali kota Ternate secara serentak, diharapkan peran Pemuda Muhammadiyah dapat memberikan pencerahan dan meminimalisir polarisasi atau sekte-sekte di akar rumput.

"Ada demensi intelektual yang telah cetuskan, harapanya, komitmen kebangsaan dapat dijaga dalam nuansa NKRI dan demokrasi menjelang Pilkada betul-betul dikedepankan dalam prinsip kebaikan dan keumatan. Kami juga berharap, Musda ini dapat memberikan suasana kesejukan dan mampu memberi pencerahan untuk kita semua," katanya.

Menurutnya, Pemuda Muhammadiyah adalah organisasi visioner, sebab itu kata Sekkot, pemuda harus tampil sebagai garda terdepan dalam pembangun sebagai wujud dari realisasi dasar perjuangan yang telah dicetuskan para pendahulu.

"Kita berharap Muhammadiyah mampu menjadi garda paling depan dalam mengawal pembangunan sebagai wujud sikap kebangsaan dan keislaman," katanya.

Dirinya mengakatan, peran pemuda sangat dibutuhkan bersama-sama pemerintah dalam hal ini Pemkot Ternate dalam upaya memutus penyebaran Covid-19.

"Sangat diharpakan pemudah juga ikut berperan dalam upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di kota Ternate," harapnya.

Sementara, ketua Pimpinan Wilayah Pemudah Muhammadiyah Malut, Faujan A. Pinang, mengatakan, output dari Musda sangatlah urgen. Tidak hanya ouforia memilih pemimpin dan menyusun program kerja.

Faujan bilang, merunut pada periode sebelumnya, PDMP Kota Ternate, mengalami kefakuman cukup lama. Pasalnya, banyak ketua PDPM yan tak aktif menggerakan organisi. Langkah cepat diambil PWPM dengan menunjuk Pelaksana Tufas (Plt), selanjutnya dibentuk panitia Musda.

Dirinya berharap, Musda ke III Pemudah Kota Ternate ini dapat melahirkan pemimpin yang memliki komitmen, kepedulian, keinginan menjalankan organisasi.

"Kita berharap siapa yang jadi ketua, punya kepedulian terhadap organisasi dan perserikatan, Kota Ternate adalah barometer, sehingga dibutuhkan seorang ketua yang benar-benar mampu menjaga amanah," harapnya (vi'/red)

Komentar

Loading...