Penanganan Kasus Dugaan Korupsi PAM Ake Gaale Diragukan

Kantor PDAM Kota Ternate

TERNATE-pm.com, Praktisi Hukum, Agus Salim R Tampilang mendesak Polres Ternate agar secepatnya membuka terang kasus dugaan tindak pidana korupsi anggaran keuangan Perusahan Air Minum (PAM) Ake Gaale.

Sebelumnya, kasus tersebut ditangani Bidang Intelijen Kejaksaan Tinggi (Kejati) Maluku Utara, namun saat ini pengusutannya diserahkan ke Polres Ternate.

"Hal ini menjadi pertanyaan, karena sebelumnya kasus dugaan penggelaapan anggaran koperasi Tirta Dharma PDAM Ternate sampai saat ini tidak pernah naik status. Apakah Kejati Malut serahkan kasus dugaan korupsi PAM ini ke Polres akan bernasip sama atau tidak?," tanya Agus saat ditemui media ini di Ternate, Senin (6/2/2023).

Menurut Agus, dirinya kurang mempercayai Polres dalam penenaganan kasus dugaan koruspi. Pasalnya, perkara penggelapan anggaran koperasi yang ditangani Polres Ternate sampai saat ini belum tuntas.

"Polres adalah penegak hukum yang membuka kejelasan kasus PAM. Dan, siapapun itu harus dipanggil dan dimintai pertanggungjawaban hukum agar publik bisa mengetahui siapa aktor dibalik layar," cetusnya.

Bahkan, Agus juga meminta penyidik untuk segera tancap gas mengusut tuntas kasus tersebut. Kalau pun, kata dia, sudah ada saksi yang diperiksa dan ditemukan ada kerugian negara segera ditetapkan tersangka.

"Kan sudah ada yang dimintai keterangan kalaupun ada kerugian negera, monggo tetapkan tersangka agar kepercayaan publik terhadap penyidik tetap terjaga. Kalaupun tidak sudah pasti publik tidak yakin dengan penyidik,"tandasnya.

"Jangan sampai kasus ini sama dengan kasus dugaan korupsi koperasi Tirta Dharma PAM, ini sama dengan permainan catur saja," sambungnya.

Ia bilang, saat ini para petinggi PAM Ake Gaale sudah dinonjobkan Wali Kota Ternate. Tentu memberikan ruang kepada penyidik untuk membongkar kasus tersebut.

"Semua orang menunggu kepastian biar jelas, jangan sampai aktor utamanya menghalangi penyidikan, ini akan repot," tandas Agus.

Komentar

Loading...