poskomalut.com
baner header

Pendaftar Panwascam di Kepsul 173 Orang

SANANA-PM.com, Hari ini merupakan hari terakhir pendaftaran panitia pengawas pemilihan kecamatan (Panwascam) untuk pemilihan bupati (Pilbup) Kabupaten Kepulauan Sula. Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) akan membuka pendaftaran hingga pukul 24.00 Wib.

Kepala Sekretariat Bawaslu Kepulauan Sula yang juga Sekretaris Pokja pembentukan Panwascam, Agus Fian Jambak, S.STP. M.Si, saat dikonfirmasi via watshapp menyampaikan sesuai tahapan pilbup 2020, pendaftaran panwascam berakhir pada 3 Desember 2019. “Dalam juknis itu kan berbunyi sampai 3 Desember. Artinya, sampai pukul 24.00 Wib,” katanya, Selasa  (03/12/2019).

Di hari terakhir, kata Agus, masyarakat yang ingin mendaftarkan sebagai panwascam mengalami peningkatan dibandingkan hari-hari sebelumnya. Bawaslu menargetkan paling tidak sebanyak 200 orang yang mendaftar. “Sejauh ini data yang sudah masuk dan verifikasi administrasi seluruh kecamatan berjumlah 173 pendaftar. Ini kemungkinan besar akan terus bertambah mengingat pendaftaran baru ditutup pukul 00 malam ini,”akunya. 

Untuk sementara, lanjut Agus, formasi panwascam yang paling tinggi minat pendaftarnya yakni Kecamatan Sanana sebanyak 35 pendaftar, disusul kecamatan lainnya. “Sementara yang minim peminat dan belum memenuhi kuota minimal pendaftar Kecamatan Mangoli Utara yang hingga berita ini dimuat baru 5 orang pendaftar. Padahal sesuai  juknis minimal 6 orang pendaftar untuk masing-masing kecamatan,”jelasnya.

Meski begitu, kata Agus , pihaknya tetap optimis kuota di Kecamatan Mangoli Utara akan terpenuhi karena hari ini antrian masyarakat yang ingin mendaftar masih banyak. Setelah tahap pendaftaran rampung, bawaslu langsung melakukan verifikasi administrasi. “Tanggal 4 Desember besok sudah harus selesai verifikasi administrasi sehingga diketahui mana yang berkasnya memenuhi syarat untuk lolos ke tahap selanjutnya atau tidak,”ungkapnya.(fst/red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: