Pengadilan Negeri Ternate Bakal Eksekusi Lahan Warga di Maliaro

Ilustrasi.

TERNATE-pm.com, Lahan warga Rt 007/Rw 003 Kelurahan Maliaro, Kecamatan Ternate Tengah, Kota Ternate, Maluku Utara bakal dieksekusi Pengadilan Negeri Ternate.

Humas PN Ternate Kadar Noh mengatakan, pengadilan harus menjalankan putusan yang sudah memiliki kekuatan hukum tetap atau inkrah.

"Nilainya seperti undang-undang, jadi siapapun tidak bisa menghalangi eksekusi karena putusan sudah inkrah,"kata Kadar, Selasa 21 Maret 2023 kemarin.

Selain itu Kadar menuturkan, jika ada yang menghalangi, maka negara menggunakan alatnya, baik itu kepolisian maupun TNI ataupun keamanan yang lain. Mereka yang membantu mengamankan jalannya proses eksekusi.

Menyikapi keraguan Putusan Nomor 730, kata Kadar, setelah diajukan permohonan eksekusi PN Ternate memiliki tim yang melakukan telaah terhadap isi putusan apakah bisa dilakukan eksekusi atau tidak.

“Dan itu tim sudah melakukan telaah, dipimpin oleh ketua pengadilan,”cetusnya.

Bahkan lanjut Kadar, jika masyarakat meragukan seperti demikian berarti keliru sebab pelaksanaan eksekusi sudah sesuai dengan isi putusan.

“Eksekusi itu tidak bisa melebihi atau kurang dari isi putusan,” terangnya.

Putusan PK tersebut, Kadar menjelaskan, keluar dari Mahkamah Agung. Namun yang menjalankan eksekusi adalah Ketua Pengadilan Negeri berdasarkan permohonan pemohon eksekusi

"Jika tidak melaksanakan eksekusi, maka kesannya pengadilan tidak memberikan kepastian hukum terhadap para pencari keadilan,” tandasnya.

Komentar

Loading...