Pengaraca Korban Apresiasi Kinerja Sat Reskrim Polres Halsel

PH korban pemerkosaan, Noldi Kurama SH.

LABUHA-PM.com, Pengacara korban pemerkosaan, Noldi Kurama SH mengapresiasi kinerja Satuan Reserse Kriminal (Sat Reskrim) Polres Halmahera Selatan telah berhasil mengamankan kedua pelaku pemerkosaan terhadap Ibu Rumah Tangga (IRT) yang merupakan kliennya.

Advokat muda berharap Polres Halsel lebih meningkatkan kinerja atas capaian pemberantasan kasus tindak pidana, termasuk tindak pidana pemerkosaan yang saat ini ditanganinya.

Menurutnya, tindak pidana menjadi musuh bersama dalam penegakan hukum. Apalagi, di Halmahera Selatan tingkat kriminalitas makin tinggi.

"Kami mengapresiasi kinerja penyidik Polres Halsel. Namun, agak sedikit disesalkan kinerja pihak Rumah Sakit Umum (RSU) Labuha terkait penanganan hasil visum korban. Hal itu berdampak pada penyidikan aparat kepolisian karena menunggu alat bukti. Salah satunya hasil visum dan itu sedikit terlambat," sesal Noldi.

Disentil terkait dengan pasal 285 KUHP tentang pemerkosaan, kedua tersangka ini tidak lagi dijerat pasal pengancaman penganiayaan. Karena diketahui dari kronologi pemerkosaan terhadap korban KS (50), kedua pelaku terlebih dahulu melakukan pengancaman agar perbuatan bejatnya tidak dilaporkan ke pihak Kepolisan.

"Kedua tersangka tersebut dikenakan pasal 285 KUHP dengan ancaman hukumannya 12 tahun penjara," ujarnya, Minggu (9/1/2022).

Sebelumnya, Sat Reskrim Polres Halmahera Selatan berhasil mengamankan kedua tersangka pemerkosaan. Saat kedua pelaku sudah mendekam di sel tahanan Polres Halsel untuk tahap penyidikan dan penyelidikan lebih lanjut.

Kedua tersangka ini diamankan di lokasi berbeda. Sehari sebelumnya, tersangka pertama berinisial RT diamankan di Desa Sayoang, Kecamatan Bacan Timur saat tersangka bersembunyi disalah satu rumah milik temannya (tersangka).

Dari kerja keras Tim Reskrim Polres Halsel yang dipimpin Kasat Reskrim Polres Halsel, IPTU Aryo Dwi Prabowo berhasil membekuk tersangka ke dua yang sempat buron.

Walaupun sempat buron, akhirnya, tersangka ke dua berinisial RK ini berhasil di bekuk di Desa Nondang Kecamatan Bacan Barat

"Kita lengkapi berkas keduanya, dan akan kita proses sesuai undang-undang yang berlaku," tutur Kasat Reskrim Polres Halsel.

Komentar

Loading...