Pengaruh Covid, Dana Rp 4,4 Miliar Untuk Festival Hut Morotai “Gagal” Dipakai

Sekda Pulau Morotai, Muhammad Maaruf Kharie

MOROTAI-PM.com, Pemerintah Daerah (Pemda) Pulau Morotai melalui Dinas Parawisata (Dispar), telah menganggarkan Rp 4,4 miliar untuk kegiatan festival dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Morotai ke 12.

Bahkan, anggaran miliaran rupiah itu telah diploting di APBD induk 2021. Hanya saja, anggaran itu tidak direalisasi lantaran karena pengaruh Covid 19 yang masih melanda di Morotai. Bahkan, setelah mempertimbangkan situasi Covid maka kegiatan festival ditiadakan sehingga Pemda Morotai hanya menganggarkan Rp. 25 juta untuk perayaan HUT.

"Kegiatan festival ditiadakan, untuk anggaran HUT Rp 25 juta."jelas Sekda Morotai Muhammad Maaruf Kharie, ketika dikonfirmasi media ini di kantor Bupati, Rabu (24/2/2021).

Menurutnya, anggaran sebesar Rp 25 juta itu telah disampaikan saat rapat bersama dengan pimpinan SKPD termasuk para Camat. Selain soal masalah Covid juga terjadi pengurangan DAU sebesar 12 miliar.

"Kemarin karena terjadi pengurangan DAU 12 miliar. Jadi, kegiatan-kagiatan festifal ditiadakan, sehingga bersih biaya makan dan undangan anggaran hanya 25 juta,"ujar Muhammad.

Bahkan anggaran itu difokuskan di Kabupaten misalnya kegiatan Paripurna DPRD. Sedangkan di kecamatan tidak dilakukan perayaan seperti biasanya namun melalui virtual

"Toh, dilaksanakan juga kaitan sesuai protokol kesehatan. Jadi, dengan kapasitas terbatas untuk masyarakat di kecematan dan desa itu, nanti dipimpin camat masing-masing dapat mengikuti secara virtual dan sesederhana. Anggaran hanya paripurna biasa di kantor DPRD,"tambahnya. (Ota/red)

Komentar

Loading...