poskomalut.com
baner header

Pengelolaan DD Amburadul, Masyarakat Capalulu Demo Inspektorat Kepsul

SANANA-PM.com, Puluhan masyarakat Desa Capalulu Kecamatan Mangoli Tengah, Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul), Senin (6/1/2019) menggelar aksi demonstrasi di depan Kantor Inspektorat. Dalam aksi itu masyarakat meminta Inspektorat selaku tim audit internal pemerintah daerah (Pemda) segera mengeluarkan hasil audit pengelolaan dana desa (DD) Desa Capalu mulai tahun 2016 -2018. Pasalnya, realisasi DD di Desa Capalulu tidak sesuai dengan hasil yang ada di lapangan. “Kami menduga ada sebagian anggaran DD yang ditilep oleh kades dan kroni-kroninya. Untuk itu kami minta Inspektorat segera keluarkan hasil audit,”ungkap koordinator aksi, Sahrul S Ipa dalam orasinya, kemarin.   

Sahrul menambahkan, pada 14 Desember tahun 2019, Inspektoral melalui Irban II telah turun lapangan dan melakukan audit investigasi terhadap sejumlah kegiatan fisik di Desa Capalulu yang menggunakan DD. Saat itu juga Irban II berjanji pihaknya akan segera menyampaikan hasil audit pada masyarakat. Namun, sampai saat ini hasil audit itu belum juga diterima oleh masyarakat. “Tuntutan kami hanya satu yakni Inspektorat segera mengeluarkan hasil audit dan diberikan kepada msayarakat sebagaimana yang telah dijanjikan oleh pihak Inspektoraat pada masyarakat pada 14 Desember lalu,”katanya. 

Suasana aksi itu kemudian mulai memanas karena Inspektorat tetap bersih keras untuk tidak memberikan hasil audit kepada masyarakat. “Hasil audit kami akan sampaikan ke desa tapi melalui kepala desa dan tebusannya ke BPD dan bendahara, bukan ke masyarakat. Sebab kalau disampaikan melalui masyarakat maka itu melanggar kode etik kami sebagai pemeriksa,”tegasnya.

Menurut H. Kamal, Inspektorat bekerja secara profesional dan tidak berpihak kepada kepala desa atau pihak manapun. “Kami audit sesuai dengan yang ditentukan dalam aturan dan hasil audit itu. Selain akan disampaikan pada kepala desa, juga akan disampikan pada bupati selaku pimpinan di daerah. Untuk itu saya berharap pada masyarakat agar tetap percaya pada kerja-kerja Inspektorat,”ujarnya.(fst/red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: