poskomalut.com
baner header

Peningkatan SDM Faktor Penting Pertumbuhan Ekonomi di Taliabu

TALIABU-PM.com, Sekretaris Fraksi Pembaharuan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pulau Taliabu (Pultab) Sukardinan Budaya, dalam penyampaian tanggapan fraksi pekan lalu menilai sumber daya manusia menjadi faktor penting dalam mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat, sekaligus menjadi kekuatan pembangunan sektoral yang berdampak terhadap keterampilan dan daya saing.

“Dalam mewujudkan pembangunan  Pulau Taliabu di 2020 dan lima tahun mendatang, Pemkab Pulau Taliabu mestinya memprioritaskan pembangunan sumber daya manusia secara nyata yang selama ini belum disentuh dan belum dirasakan. Pertanyaannya adalah bagaimana pemda menempatkan sektor sumber daya manusia untuk bisa memiliki daya saing dan menata perubahan sosial dan memperkuat akses terhadap pekerjaan,”katanya.

Tanggapan fraksi pembaharuan terhadap RJPMD yang diajukan Pemkab Pulau Taliabu pekan lalu, Sukardinan juga menyodorkan sejumlah catatan bagi pemerintah daerah dalam mewujudkan pemerataan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat. “Catatan kami dari fraksi pembahuruan capaian pembangunan khususnya infrastruktur pembangunan wilayah masih banyak ketimpangan khususnya di pedesaan. Disamping itu pertumbuhan ekonomi lebih difokuskan di wilayah tertentu saja. Yang menjadi pertanyaan kami yang kemudian akan dijawab dalam Musremdes dan diterapkan dalam RKPD nanti adalah bagaimana strategi pemda dalam RPJMD untuk mendorong infrastruktur daerah khususnya kawasan pedesaan,”tuturnya.

Ia menegaskan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) maupun pemerintah desa untuk dapat saling membangun kekompakan dalam aspek pembangunan mulai dari perencanaan hingga realisasi pembangunan. “Musrenbang dari tingkat desa dan kecamatan beberapa saat lagi, kemudian RJPMD ini akan dijadikan dokumen untuk membangun sinergi perencanaan kerja dari pemerintah desa hingga rencana kerja pemda,”tegasnya. (Cal/red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: