poskomalut.com
baner header

Peringati Hari Maritim, KATAM Tegaskan Laut Bukan Tempat Membuang Sampah Pertambangan

TERNATE-PM.com, Dalam momentum memperingati Hari Maritim Nasional, Rabu (23/9/2020) sekiranya hal terpenting yang perlu diseriusi bukan saja menjaga laut dari invasi illegal fishing yang masih terjadi di perairan Maluku Utara (Malut). Namun, juga hal yang tak kalah penting adalah menjaga dan melindungi laut dari limbah tambang yang berpotensi besar membunuh biota laut.

Muhlis Ibrahim, Kordinator Konsorsium Advokasi Tambang (KATAM) Malut kepada Poskomalut.com, Rabu (23/9/2020) mengatakan,  pembangunan pabrik pengolahan (smeleter) dibeberapa industri tambang telah selesai dan akan beroperasi.

“Dan persoalan yang dihadapi terkait dengan lingkungan perlu dan penting untuk selalu kita awasi secara ketat. Ada beberapa perusahan yang sementara ini telah mengusulkan rencana pembuangan limbah ke dasar laut. Hal ini tentu secara otomatis akan merusak keberlangsunganan laut kita secara jangka panjang,”tegasnya.

Menurutnya, maka dari itu, dalam momentum memperingati hari maritim nasional yang jatuh pada 23 September ini, perlu pihaknya sampaikan sikap tegas bahwa laut bukan tempat untuk membuang sampah industri. “Dan kami berharap dukungan dari semua masyarakat untuk bisa bersama-sama berjuang melindungi laut kita dari ancaman limbah industri tambang,”pungkasnya. (Sam/red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: