Pertama di Malut, LPPD Tidore Direview Inspektorat

Hasil review LPPD yang diterima tim penyusunan LPPD Bagian Pemerintahan

TIDORE-PM.com, Penyusunan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) Kota Tidore Kepualauan tahun 2019 saat ini sudah menunjukan progressnya dengan baik. Salah satunya adalah tahapan review yang sementara dilakukan Inspektorat Daerah Kota Tidore Kepulauan.

Kasubag Otonomi Daerah Bagian Tata Pemerintahan Setda Kota Tidore Kepulauan yang juga sebagai salah satu Tim Penyusunan LPPD Tidore. Fachrir Rachman, ST, menyampaikan, surat penyampaian LPPD ke Inspektorat untuk direview sudah disampaikan tanggal 2 Maret 2020, dan besoknya tim review dari Inspektorat langsung action, dan proses reviewnya masih berlangsung sampai sekarang. "Tim Review sangat cepat responnya dan sangat teliti, dong periksa semua dokumen lampiran LPPD, dari seluruh indikator kinerja kunci yang menjadi aspek penilaian, dong buka satu-satu dan harus kami review,’’ujar Fai Sapaan akrabnya.

Secara terpisah, Kepala Bagian Tata Pemerintahan, Zulkifli Ohorella, ketika dihubungi Via telepon, membenarkan hal itu. Ia mengatakan, ini mungkin yang pertama di Maluku Utara. Pemda Tidore yang pertama kali sudah melakukan tahapan review sebagai salah satu syarat penyampaian Dokumen LPPD ke Provinsi. Provinsi bisa terima kalau sudah ada hasil verifikasi dan validasi dari Inspektorat.  

Review inspektorat mencakup kelengkapan pengujian dokumen pendukung, kesesuaian materi dan sistematika penyusunan LPPD. Karena itu review ini hukumnya wajib, review ini juga dilakukan secara paralel dengan penyusunan LPPD. "Jadi Tim kerja sekaligus, Kami optimis, semua tahapan penyusunan LPPD akan dilaksanakan sesuai jadwal serta berharap  Tim LPPD tetap berusaha memberikan yang terbaik untuk Kota Tidore Kepulauan," harapnya. (mdm/red)

Komentar

Loading...