PN Ternate Tingkatkan Pengawasan Pengunjung dan Terdakwa

Kantor Pengadilan Negeri Ternate.

TERNATE-pm.com, Pengadilan Negeri (PN Ternate bakal meningkatkan pengawasan terhadap pengunjung maupun terdakwa.

Langkah ini diambil setalah aksi percobaan bunuh diri yang dilakukan seorang terdakwa narkoba pada, Selasa 4 Juli 2023 kemarin.

Humas PN Ternate, Kadar Noh mengatakan, pengawasan bentuk pemeriksaan itu untuk memastikan tidak ada benda berbahaya yang dibawa masuk ke dalam areal pengadilan.

"Kami periksaan lebih dahulu kepada pengunjung maupun para terdakwa sebelum menjalani sidang, guna mengantisipasi adanya benda yang berbahaya, seperti benda tajam," ujarnya kepada wartawan, Rabu (5/7/2023).

Kadar memastikan peristiwa percobaan bunuh diri terdakwa FM alias Fauji di PN Ternate tidak akan terulang.

Sebelumya, Fauji sempat melakukan percobaan bunuh diri di PN Ternate. Ia diduga frustasi setelah mendengar jaksa menuntutnya 6 tahun penjara dan denda Rp 800 juta subsider 3 bulan kurungan.

"Dia frustasi atau tidak puas dengan tuntutan jaksa, sehingga dia nekat mengambil silet dan mengiris tangannya sampai dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan medis," tuturnya.

Kadar mengatakan pengadilan tidak tahu menahu benda tajam dari mana terdakwa dapatkan. Pihaknya mengetahui adanya benda tajam saat terdakwa sudah mengiris lengannya.

"Kami menduga silet itu di simpan dalam saku celananya, sehingga merasa tidak puas langsung mengeluarkan," jelasnya.

Disinggung soal tanggungjawab, Kadar mengatakan PN tidak bertanggungjawab pada peristiwa itu. Sebab tanggungjawab pengawal tahanan ada pada kejaksaan dan kepolisian.

“Tanggungjawab itu ada pada kejaksaan dan kepolisian,” tuturnya.

Komentar

Loading...