Polda Malut Mencatat 174 Kasus Lakalantas, 90 Orang Meninggal Dunia

Ilustrasi.

TERNATE-pm.com, Direktorat Lalulintas (Ditlantas) Polda Maluku Utara mencatat sejak Januari-November 2023 sebanyak 174 kasus kecelakaan lalulintas (lakalantas).

Kasubdit Keamanan dan Keselamatan (Kamsel) Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Malut, Kompol. Hendra Gunawan mengatakan, lakalantas didmoniasi kendaraan roda dua dibandingkan roda empat.

Kata Hendra, dari angka tersebut 90 orang meninggal dunia, 70 luka berat dan luka ringan 130 orang. Sementara kerugian material kurang lebih Rp900 juta.

"Upaya mengurangi lakalantas di Malut, Polda dan jajaran Polres terus lakukan patroli dan penindakan, tujuannya agar masyarakat yang berpotensi alami kecalakaan lalulintas dapat diingatkan atau ditindak," ungkap Hendra, Rabu (29/11/2023).

Disinggung perbandingan lakalantas dengan tahun sebelumnya, Hendra mengatakan, jelasnya terjadi penurunan. Untuk itu, pihaknya mengimbau kepada seluruh masyarakat di Maluku Utara, terus mematuhi aturan berkendara dan mengutamakan keselamatan.

"Alhamdulillah lakalantas susah menurun dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Saya lupa angka sebelumnya, tapi jelas menurun," kata Hendra.

Selain itu, perwira satu bunga itu menambahkan, pada Desember 2023 mendatang, seluruh lantas Polda Malut dan jajaran Polres melaksanakan operasi lilin untuk menjemput akhir tahun.

"Jadi untuk sekarang, kami masih lakukan tilang manual biasa di seluruh jajaran Polres. Tapi, untuk Kota Ternate tilang manual dan elektronik. Intinya, upaya tilang ini guna mengurangi angka lakalantas yang terjadi dan memberikan peringatan para pengendara agar selalu waspada dan berhati-hati demi keselamatan," pungkasnya.

Komentar

Loading...