Polres Haltim Didesak Tangkap DPO Kasus Pembunuhan Tiga Warga Waci

Kordinator LSM Gantara Malut, Harun Gafur, S.Pd, M.Pd.

MABA-PM.com, Warga Desa Waci Kecamatan Maba Selatan Halmahera Timur, resah dengan belum tertangkapnya enam orang terduga pelaku pembunuhan di hutan belantara kali Waci, akhir Maret 2019 lalu yang menewaskan tiga Warga Waci. Untuk itu, warga Desa Waci kembali menyampaikan harapan dan desakan kepada Polres Halmahera Timur, agar segera menangkap para pelaku pembunuhan.

Koordinator LSM Gantara Maluku Utara (Malut) Harun Gafur, dalam rilisnya meminta Kapolres Haltim AKBP Mikael P Sitanggang, melanjutkan penangkapan terhadap 6 orang pelaku pembunuhan berencana di hutan belantara kali Waci, yang masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) Polres Haltim.

"Kami mengharapkan kepada Kapolres Halmahera Timur, yang baru agar segera mengambil langkah untuk melanjutkan proses penangkapan 6 DPO yang saat ini berada di sekitaran wilayah Haltim,"ucap Harun, Jumat (3/1).

Warga Desa Waci, kata dia, sangat berharap para pelaku pembunuhan yang berstatus DPO segera ditangkap, dan diberikan hukuman setimpal karena sudah menghilangkan nyawa tiga warga Waci, yakni Habibu Salaton, Karim Abdurrahman, dan Yusuf Halim.

"Kami orang Waci, berharap pelaku yang masih DPO ini segera ditangkap dan diadili. Kita percaya Polres Haltim dengan adanya Kapolres yang baru ini, para pelaku bisa ditangkap,"ungkap, alumnus Magister Universitas Negeri Jogjakarta ini.

Sebagaimana informasi yang dirilis Polres Haltim, pelaku pembunuhan 3 Warga Desa Waci berjumlah 12 orang. Polres Haltim baru berhasil menangkap 6 pelaku, sementara enam pelaku lainya masih berstatus DPO.

Diberitakan sebelumnya, enam pelaku pembunuhan yang berhasil ditangkap yakni, Hago, Awo, Sapitu, Habel, Rinto, dan Toduba, sudah menjalani proses persidangan di Pengadilan Negeri Soasio Tikep.
Bahkan sidang kasus pembunuhan yang menewaskan tiga Warga Desa Waci, dengan enam orang terdakwa itu sudah dua kali digelar, dan sidang ketiga dijadwalkan, Rabu (8/1/2020) pekan depan di Pengadilan Negeri Soasio, dengan agenda tanggapan Jaksa Penuntut Umum (JPU) terhadap eksepsi tim kuasa Hukum ke enam terdakwa.

Sidang pertama digelar pada, Senin (23/12/2019) dengan agenda pembacaan surat dakwaan oleh Jaksa Penuntut Umum. Sementara, sidang kedua dengan agenda eksepsi dari tim penasehat hukum para terdakwa, digelar pada Senin (30/12/2019) lalu di Pengadilan Negeri (PN) Soasio.

Diketahui, perkara pembunuhan di Desa Waci, dilimpahkan penyidik Polres Haltim ke Kejari Soasio pada tanggal 16 Desember 2019. Berkas tersebut setelah diterima kemudian dipelajari dan dinyatakan lengkap. Kejari Soasiso, pada tanggal 17 Desember 2019 limpahkan ke Pengadilan untuk disidangkan.

Untuk pasal yang didakwakan terhadap enam terdakwa pembunuh tiga Warga Desa Waci adalah pasal 340 KUHP, dan pasal 338 KUHP. (msj/red).

Komentar

Loading...