Polres Ternate Siapkan Personil Dukung Kebijakan New Normal

Kapolres Ternate AKBP Aditya Laksimanda

TERNATE-PM.com, Sebanyak 160 personil kepolisian Polres Ternate disiapkan untuk mendukung rencana kebijakan new normal di Kota Ternate.

Kapolres Ternate AKBP Aditya Laksimanda kepada wartawan, Kamis (28/5/2020) mengatakan, penerapan new normal di Kota Ternate merupakan keputusan pemerintah daerah, dan pihaknya akan siap membackup pemerintah daerah sesuai dengan perintah Kapolri.

“Personil yang disiapkan ini merupakan personil yang surat perintah tugas (sprint) yang terlibat dalam gugus tugas kemarin dan tinggal dilanjutkan,” ungkapnya.

Menurutnya, cara bertindak spesifik akan tetap pada sosialisasi terkait dengan jaga jarak, penggunaan masker, rajin cuci tangan dan konsumsi makanan bergizi.

Selain melakukan sosialisasi terkait dengan new normal, anggota juga akan ditempatkan di berapa titik untuk mengantisipasi kemungkinan yang akan terjadi.

Kapolres mengaku, telah memberikan masukan kepada walikota Ternate dalam agenda pertemuan untuk tim yang terlibat harus diberikan kewenaganan khusus untuk penegakan aturan, misalkan mendapat rumah makan yang buka, dan tidak menerapkan aturan termasuk menjaga jarak maka tim tersebut bisa mengambil tindakan.

“Kalau mereka diberikan kewenangan dan ditemukan yang seperti itu, maka mereka akan mengambil tindakan sesuai dengan aturan yang berlaku,” katanya.

Aditya juga mengaku, jika anggota diberikan kewenaganan khusus sesuai dengan aturan yang ada harus didasari dengan payung hukum (legal standing), sehingga apa yang dilakukan bisa berjalan sesuai dengan yang diharapkan.

“Contoh lain adalah jika lokasi bioskop dibuka dan aturan masuk pengunjung harus menggunakan masker, serta dites suhu tubuh ketika ditemukan ada yang suhu tubuh yang tidak normal maka yang bersangkutan akan dipulangkan, disitu akan jadi masalah apalagi tiketnya sudah dibeli secara online, makanya disini petugas juga harus ada,”jelasnya.

Untuk lokasi pasar sendiri kata Kapolres, harus ada satu pos pantau supaya bisa mengingatkan pengunjung atau pedagang agar tetap mengikuti aturan yang ditetapkan.

“Kalau ada yang masuk pasar dan tidak menggunakan masker maka petugas juga bisa ambil tindakan dengan menyuruh pulang,”Tegasnya. (sam/red)

Komentar

Loading...