poskomalut.com
baner header

Praktisi Hukum Minta Polda Proses Laporan Terkait Bupati Haltim

TERNATE-PM.com, Praktisi Hukum,  Hendra Kasim meminta dengan tegas kepada Polda Maluku Utara memalui Ditreskrimsus, untuk segera memproses laporan dari Gamalama Corruption Watch (GCW) terkait dengan tindak pidana korupsi tahun 2014 dan 2015, yang diduga dilakukan Bupati Haltim, Muh Din saat masih menjabat sebagai wakil bupati Haltim, yang menerima uang dari bendahara bagian umum dan perlengkapan Sekretaris Daerah (Setda) Kabupaten Haltim, berupa uang titipan senilai Rp 3.142. 819. 200, namun tidak dapat dipertanggungjawabkan.

“Jika laporan rersebut mengandung unsur tindak pidana korupsi, ya kami minta untuk diproses sampai ke tingkat ke pengadilan,” tegasnya pada Posko Malut, Ahad (20/10/2019).

Menurut Alumni Magister Hukum Pasca Sarjana Universitas Islam Indonesia Yogyakarta ini, apabila dalam prosesnya, jika tidak memenuhi unsurnya maka harus dihentikan,  karena ini berhubungan dengan dugaan perbuatan pidana, dimana disatu sisi ada hak asasi terlapor. “Hanya saja kita harus garis bawahi asas hukum “equality before the law.” Hukum tidak memandang jabatan dan perbuatan pidana tetap harus diproses,” katanya.

Sebelumnya, Koordintor  Gamalama Corruption Wacht (GCW) Muhidin, Sabtu (19/10/2019), membenarkan, pihaknya telah melaporkan kasus tersebut ke Polda Malut pada 15 Oktober lalu. Laporan yang diserahkan disertai bukti-bukti, berupa buku kas dan kwitansi  penerimaan.

Dalam praktiknya, bupati diduga menerima uang dari bendahara pengeluaran Bagian Umum dan Perlengkapan Setda Haltim berupa uang titipan senilai Rp 3 miliar lebih. Berdasarkan bukti yang dikantongi, lanjut Muhidin, GCW menduga Bupati Haltim telah melakukan tindak pidana korupsi, karena uang yang diterima bukan uang operasional atau uang pribadi yang dititipkan di bagian umum dan perlengkapan. (sam/red)

Artikel ini sudah diterbitkan di SKH Posko Malut, edisi Senin, 21 Oktober 2019, dengan judul ‘Diduga Tilep Doi Rp 3 Miliar – Bupati Haltim Dilaporkan ke Polda Malut’

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: