poskomalut.com
baner header

Program Eko Camtara Masi Dilanjutkan Tahun Ini

TERNATE-PM.com, Pemerintah Kecamatan Ternate Utara, Kota Ternate Maluku Utara ( Malut ), tahun 2021 masih melanjutkan program Ekologis Kecamatan Ternate Utara ( Eko Camtara ). Eko Camtara yang di programkan pada tahun 2020 dengan program unggulan pemanfaatan pembangkit listrik tenaga surya dan pengelolaan kertas bekas.

Zulkifli Camat Ternate Utara, kepada Poskomalut.com, Rabu (13/1/2021) di ruangan kerjanya mengatakan, progaram Eko Camtara pada tahun 2020 pihaknya, melakukan pemanfaatan air hujan tetapi tahun 2021 ini setiap Kecamatan mempunyai program unggulan masing- masing. “Sekarang ini pihak kecamatan akan melakukan pembangkit Listrik Tenaga Matahari (PLTS).

Menurut dia, tujuan dari PLTS untuk meningkatkan efektifitas dan efesiensi penggunaan energi listrik ini merupakan pemanfaatan listrik melalui sinar matahari.

Lanjutnya, saat ini alatnya sudah ada sebanyak 14 lembar beserta panelnya dan biaya pengadaan Rp 90.000.000, termaksud ongkos pasanganya dari teknisi, kekuatan daya PLTS sebesar 5000 wat dan juga ini sangat hemat penggunaan dari Pembangkit Listrik Negara ( PLN ), selain itu juga ramah lingkungan.

“Untuk sementara akan di gunakan dikantor sebagai percontohan selain itu juga pigaknya akan liat bagaimana efektifitas daya listriknya ini dia tidak sama seperti PLN daya listriknya bisa mengkafer semua, Semoga dengan adanya PLTS ini bisa mengehemat pemakain dari PLN dan juga mengurangi biaya tagihan listrik perbulannya,”

Ia menambahkan, pihaknya juga mengelola sampah kertas bekas agar bisa dimanfaatkan. Biasanya kan kertas bekas itu habis dipakai langsung di buang, tetapi pihaknya akan fungsikan itu dengan bekerjasama dengan masyarakat.

“Bank sampah disini ada dua ditempatkan, di Kelurahan Tubo dan Keluraha Dufa-Dufa, mereka inilah penggiat pengelolah sampah.”tutupnya.(Mg02/red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: