poskomalut.com
baner header

Program Pamsimas di Taliabu Jadi Sumber DBD

TALIABU-PM.com, Program Nasional Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas), di wilayah, Kecamatan Taliabu Barat (Talbar), menjadi sumber penyakit bagi warga Desa Kramat.

Pasalnya, sumber air yang digunakan warga desa kramat adalah air yang bersumber dari program Pamsimas. dimana, debit air yang tersalur sangat kecil sehingga air yang digunakan warga harus ditampung di bak induk penampung air selama 4 hari baru bisa disalurkan ke rumah-rumah warga, kemudian penyaluran air bersih itupun hanya berlangsung selama 2 jam.

“Setelah dilakukan pengamatan dan pemeriksaan di desa, penyebab terjadinya penyakit DBD adalah munculnya jentik-jentik pada air sehingga menjadi pemicu munculnya penyakit DBD,” beber Kepala Puskesmas Bobong, Kecamatan Taliabu Barat, Marini Nur Ali kepada awak media, senin, (3/3/2020).

Untuk mengirit air, warga harus menampung air bersih dirumahnya masing-masing. Sementara jika menampung air maka munculnya jentik-jentik dan jentik-jentik itulah sumber penyakit DBD. “Warga Desa Kramat yang positif terserang DBD berjumlah 6 orang dan satu orang di Desa Talo, Kecamatan Taliabu Barat. rata-rata penderita DBD ini  adalah anak-anak yang masih berusia sekolah tingkat SMP,” jelasnya. (Cal/red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: