Puncak Peringatan Hari Bhakti Pemasyarakatan ke 58, Kanwil Kemenkumham Malut Ikuti Upacara Secara Daring

TERNATE-PM.com, Peringatan hari besar jajaran Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM mencapai puncaknya. Puncak peringatan tersebut digelar dengan melaksanakan upacara secara luring di Graha Pengayoman, Jakarta, dan secara daring yang di relay melalui aplikasi zoom, diikuti oleh seluruh Kantor Wilayah dan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan di seluruh Indonesia.

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Malut, M.Adnan, yang turut didampingi Pimpinan Tinggi Pratama dan Kepala UPT dalam kota secara khidmat mengikuti dan menyaksikan jalannya upacara sejak awal hingga usai di Lembaga Pemasyarakatan Khusus Anak Kelas II Ternate.

Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H. Laoly selaku pemimpin upacara, menyampaikan bahwa menjadi momentum yang tepat bagi Insan Pemasyarakatan untuk sejenak merenung dan merefleksikan kembali, memungut hikmah dari perjuangan para pendahulu. Kata Yasonna, Perjuangan itulah yang selanjutnya disusun sebagai penguat niat dan arah langkah dalam mewujudkan tujuan Sistem Pemasyarakatan.

Dalam kesempatan yang sama, Menkumham Yasonna juga mengimbau seluruh jajaran Pemasyarakatan untuk menyikapi secara bijak situasi transisi dari new normal menuju true normal di tengah situasi Covid-19. Ia berharap akan ada kebijakan yang menjembatani situasi ini. Menurutnya, Potret layanan Pemasyarakatan yang pada waktu terakhir disesuaikan dengan kondisi pandemi, kini harus mulai memetakan dan menata kembali layanan yang dimungkinkan untuk dibuka ke khalayak umum secara bertahap.

“Pemasyarakatan diharuskan untuk melaksanakan deteksi dini terhadap transisi ini, bersinergi dengan stakeholder terkait, dan mengambil tindakan tegas secara terukur,” yutur Menkumham dalam sambutannya selepas melaksanakan upacara.

Sementara itu, Kakanwil Kemenkumham Malut M. Adnan mengatakan bahwa HBP yang jatuh pada tanggal 27 April 2022 ini dapat dijadikan sebagai momentum refleksi untuk lebih meningkatkan kualitas kinerja semakin pasti dan lebih baik lagi.

“Seperti yang telah disampaikan oleh Menkumham saat sambutannya tadi, bahwa Pemasyarakatan adalah segala bentuk usaha untuk mengembalikan para pelanggar hukum ke tengah-tengah masyarakat,” ujarnya saat ditemui selepas mengikuti upacara secara daring.

Komentar

Loading...