Ranperda Penyusunan Propemperda Mulai Dibahas

Angota Komisi III DPRD kota Ternate Junaidi Bahrudin

TERNATE-PM.com, Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Kota Ternate, Senin (15/02) kemarin melakukan rapat pembahasan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Tata Cara Penyusunan Program Pembentukan Peraturan Daerah. Ranperda yang merupakan inisiasi Bapemperda ini ditargetkan akan diserahkan ke pimpinan DPRD Kota Ternate setelah melewati dua kali pembahasan di internal Bapemperda.

"Dalam rapat tadi (kemarin, red) pembahasan soal rancangan draf Ramperdanya, sebelum diajukan ke pimpinan DPRD untuk disetujui menjadi hak inisiasi Bapemperda," ungkap Ketua Bapemperda DPRD Kota Ternate Junaidi Baharudin kepada Posko Malut usia rapat, Senin (15/02).

Junaidi bilang, dalam Ranperda ini muatan materinya, antara lain terkait tata cara penyusunan Ranperda baik itu di lingkup Pemkot Ternate, maupun di internal DPRD. Kemudian, bagaimana tata cara pembahasan Ranperda diluar Propemperda. "Tiga poin ini yang menjadi fokus pembahasan Bapemperda dalam Ranperda ini," tutur Junaidi.

Dikatakannya, dalam pembahasan draf Ranperda ini tidak menggunakan naskah akademik. Sebab, pada prinsipnya ini sejalan dengan peraturan diatasnya tentang pembentukan peraturan perundang-undangan. "Jadi pada tahapan ini yang dibutuhkan hanya penjelasan dan keterangannya," jelasnya.

Kata dia, latar belakang lahirnya Ranperda karena selama ini baik di lingkup Pemkot Ternate, maupun DPRD. Tahapan yang seharusnya difasilitasi Bapemperda dalam proses penyusunan dan penetapan Ranperda itu tidak difasilitasi secara maksimal.

"Dalam Permendagri nomor 120 tahun 2020 tentang pembentukan produk hukum daerah memang penetapan Propemperda sebelum pengesahan APBD. Tetapi bagaimana caranya menetapkan Propemperda itu yang akan diakomodir dalam Ranperda ini," tandasnya. (agh/red)

Komentar

Loading...