poskomalut.com
baner header

Rekrutmen PPK di Taliabu Harus Berdasarkan Keputusan KPU

TALIABU-PM.com, Kordinator Devisi Hukum Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pulau Taliabu (Pultab), Mohtar Tidore, mengimbau KPU Pulau Taliabu melakukan rekrutmen PPK berdasarkan keputusan KPU. “Rekrutmen Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang diselenggerakan KPU Pulau Taliabu pada 15 Januari ini hari (red), saya mengimbau agar rekrutmen PPK, PPS dan KPPS harus berdasarkan keputusan KPU RI No.532/PP.05-Kpt/KPU/II/2019, tentang perubahan kedua atas keputusan KPU No, 31/PP. 05-Kpt/03/KPU/I/2018 tentang petunjuk teknis pembentukan PPK, PPS, KPPS dalam penyelenggaraan pemilihan umum,”ungkapnya.

Katanya, yang direkrut menjadi PPK, PPS dan KPPS harus benar-benar memiliki kepribadian dan integritas agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan di tingkat kecamatan nantinya. “Kami dari bawaslu akan mengawasi tahapan rekrutmen, sebab itu sudah diatur dalam Undang-undang No 10 tahun 2016 pasal 30, tugas dan wewenang pengawas kabupaten/ kota mengewasi tahapan peyelenggaran pemilihan, salah satunya pelaksaan pengawasan rekrutmen PPK,PPS, KPPS, yang di lakukan oleh KPU,”jelas Mohtar, kepada Posko Malut Rabu, (15/1/2020).

Menurut dia, hal itu dilakukan untuk menjaga proses demokratisasi terutama pada pemilukada 2020 agar berjalan dengan baik. “Kepada semua penyelenggara tingkat bawah baik itu dari PPK maupun panwas kecamatan agar tetap menjadi pejuang demokrasi yang baik sehingga melahirkan pemilu yang berkualitas,”ujarnya. (Cal/red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: