poskomalut.com
baner header

RPJMD Kota Ternate 2021-2026 Resmi Disahkan

TERNATE-PM.com, DPRD Kota Ternate, Maluku Utara, Senin (11/10) menggelar rapat paripurna pengesahan Rancangan Peraturan Daerah RPJMD Kota Ternate 2021-2026.

Rapat paripurna ke -12 masa persidangan ke tiga tahun 2021 itu, dipimpin langsung oleh ketua DPRD Kota Ternate, Muhajirin Bailussy,dihadiri Wali Kota Ternate, M Tauhid Soleman, Wakil Wali Kota Jasri l Usman dan pimpinan OPD.

Wali Kota Ternate, M Tauhid Soleman dalam kesempatan tersebut menyampaikan, Pemkot menerima pendapat akhir fraksi terhadap hasil pembahasan Ranperda RPJMD Kota Ternate tahun 2021-2026.

Dimana, 8 fraksi menyampaikan pendapat secara garis besar, sebagai fokus RPJMD lima tahun ke depan diantaranya.

Pemkot menurut Tauhid, tetap memprioritaskan 14 program prioritas, yang merupakan janji dirinya bersama Wakil Wali Kota, yang diimplementasikan dalam penjabaran program dan kegiatan masing-masing perangkat daerah. Muatan RPJMD Kota Ternate tahun 2021-2026, yang telah disepakati bersama, harus benar-benar dilaksanakan sebagai bagian dari komitmen bersama DPRD dan Pemerintah Kota Ternate.

” Karena komitmen tersebut merupakan bagian dari aspirasi masyarakat Kota Ternate,” paparnya.

Dikatakan, RPJMD merupakan panduan bagi Pemerintah Kota Ternate serta pemangku kepentingan lainnya, dalam melaksanakan pembangunan lima tahun ke depan. Oleh karena itu, dibutuhkan konsistensi, kerjasama, transparansi, dan inovasi, serta rasa tanggung jawab yang tinggi diperlukan guna pencapaian target-target yang telah ditetapkan dengan kaidah-kaidah pelaksanaan yang telah dijabarkan dalam dokumen RPJMD.

Implementasi nilai-nilai dasar Adat-istiadat dalam pelaksanaan RPJMD, diharapkan dapat teraktualisasikan dalam setiap aspek, baik institusi, maupun kebijakan program. Sebagai dokumen yang menjadi acuan penyusunan program kerja tahunan pemerintah, perlu adanya perhatian khusus, khsusnya pada urusan pemerintahan wajib yang berkaitan dengan pelayanan dasar bidang pendidikan dan kesehatan, serta beberapa bidang pelayanan dasar lainnya, agar dapat ditindak lanjuti dan benar-benar dilaksanakan selama lima tahun ke depan.

“Itulah beberapa catatan penting, yang termuat dalam pandangan akhir Fraksi. Semua harapan Fraksi DPRD secara kelembagaan akan kami tindak lanjuti dalam merumuskan kebijakan program kegiatan kedepan,”ungkapnya.

Ketua DPRD kota Ternate, Muhajirin Bailusy memastikam hasil pembahasan Panitia Khusus dalam bentuk Daftar Inventarisasi Masalah telah dibahas bersama pemkot , dan sudah memperoleh kesepakatan dan penyamaan persepsi untuk dilanjutkan dalam pembicaraan tingkat II yakni pengambilan keputusan dalam rapat paripurna.

Tahapan selanjutnya ditindaklanjuti melalui pembicaraan tingkat dua,juga diperkuat dengan pendapat akhir fraksi yang secara keseluruha yang menyetujui dan menerima Ranperda RPJMD Kota Ternate Tahun 2021-2026 tersebut.

” RPJMD yang sudah disahkan ini, tinggal selanjutnya dievaluasi oleh Propinsi,”katanya.

Wali Kota Ternate M.Tauhid Soleman yang dikonfermasi usai pelaksanaan paripurna,menyatakan, RPJMD yang telah disahkan itu,tentunya menjadi acuan dalam penyusunan dokumen KUA- PPAS tahun 2022 nanti.

Disinggung soal adanya dokumen KUA- PPAS, terkait komponen belanja yang melebihi dari pendapatan, dengan artian telah melebih ambang batas atau defisit sebesar Rp.150 miliar, Tauhid memastikan angka defisit sebagaimana yang juga disampaikan oleh DPRD dalam paripurna itu,baru sebatas rancangan. Sehingga nantinya akan disesuaikan lagi.

“Jadi soal KUA PPAS yang tidak rasional, itu kan baru sebatas penyampaian,nanti ada pembahasan lagi Yang pasti pendapatan tidak bisa melebih belanja.Kota juga tetap memprioritaskan kebijakan sesuai RPJMD yang sudah disahkan,” tutupnya.(Sam)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: