poskomalut.com
baner header

RSUD Tikep Miliki Gedung Stroke Center

Fasilitas Penanganan Penyakit Stroke Satu-Satunya di Malut

TIDORE-PM.com, Gedung Stroke Center Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Tidore Kepulauan yang telah diresmikan Wali Kota Tidore  Capt H. Ali Ibrahim baru-baru ini, merupakan salah satu fasilitas RSU yang pertama di Maluku Utara

     “Dengan diresmikannya gedung tersebut diharapkan dapat membantu masyarakat Kota Tidore Kepulauan dalam berobat terutama bagi mereka yang mengalami sakit stroke,” ungkap Walikota Tikep Ali Ibrahim.

Selain itu, para pasien diharapkan tidak lagi di rujuk ke Ternate. “Masyarakat Tidore selama ini kan selalu dirujuk ke Ternate. Insya Allah tahun depan tidak lagi ke Ternate karena kita sudah punya gedung, alat-alat dan SDMNYA,” tutur Walikota.

Di kesempatan yang sama, Direktur Rumah Sakit Daerah Kota Tidore Kepulauan dr Fahrizal Maradjabesy mengatakan,  Gedung Hemodialisa dan gedung Stroke Center di RSUD Kota Tidore Kepulauan merupakan satu-satunya di Provinsi Maluku Utara. “Pasien yang melakukan cuci darah tidak lagi dirujuk ke Rumah Sakit Ternate karena di RSUD Kota Tidore Kepulauan sudah bisa melakukan proses cuci darah. Disamping itu, RSUD Kota Tidore juga merupakan rujukan regional V, sehingga dapat melayani masyarakat di luar Kota Tidore,” tuturnya.

Dirut bilang, pada tahun 2020 nanti pelayanan kesehatan sudah akan dilakukan sehingga pelayanan masyarakat di Kota Tidore bisa terpenuhi. “Di Tahun 2020 sudah bisa beroperasi, contoh di ruang Perawatan, sekarang pun sudah bisa sebenarnya. Tempat tidur sudah ada, AC sudah ada, semua sudah ada tinggal masuk saja. Juga untuk runag bedah Central SDM nya juga sudah ada,” kata Fahrizal.

Dikatakan, untuk tenaga dokter cuci darah belum ada, karena pihaknya lagi menunggu dokter spesialis penyakit dalam, sementara sedang menempuh pendidikan. “Untuk spesialis cuci darah, disiasati dengan mengontrak dokter dari luar untuk mengisi kekosongan itu,” terangnya.(mdm/red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: