Sadar Akan Bahaya Penyebaran Covid-19 di Kota Ternate Masih Minim

TERNATE-PM.com, Penambahan kasus positif Covid-19 di Maluku Utara semakin meningkat, tidak begitu berpengaruh pada kesadaran masyarakat Kota Ternate akan bahaya wabah ini, hal ini dapat di lihat dari aktifitas para penjual takjil masih ramai.

Pola interaksi antar pembeli dan penjual yang secara tidak langsung menciptakan kerumunan serta mengabaikan protokol kesehatan yakni physical distancing seolah menjadi bom waktu untuk penyebaran Covid-19 secara lokal.

Salah satu lokasi ramainya penjual takjil adalah di Pasar Bastiong dan Pasar Higienis. Di lokasi depan kawasan pasar tersebut terlihat berjejeran para pedagang yang menjual beraneka ragam menu buka puasa.

Terlihat pembeli banyak yang bergerombol dan berdesakan untuk mengantri membeli menu kesukaan mereka.

Selain itu, warga yang saling interaksi di tempat kerumunan tersebut sebagian dari mereka tidak mengenakan masker.

Ain (30) salah satu penjual kua mengatakan, Meskipun terlihat ramai, dirinya mengaku warga berbelanja menu buka puasa kali ini sampai tidak terlalu banyak, berbeda dengan tahun lalu.

"Orang datang belu kue di puasa kali ini beda deng tahun kemarin," kata Ain kepada poskomalut.com (Rabu/29/4/2020).

Sementara itu salah satu pembeli, Narto (20) warga Gubeng mengaku was-was ketika membeli makanan untuk berbuka puasa. Namum Ia mengaku mau tak mau ia harus membeli kue untuk buka puasa.

"Sebenarnya takut sih ketika mau beli buka puasa di tempat ramai seperti ini, namun mau tidak mau haru membeli buka puasa," ungkapannya. (Ris/red)

Komentar

Loading...