Samsat Kota Ternate Bakal Lakukan Razia Gabungan

Ilustrasi Razia Kendaraan

TERNATE-PM.com, Unit Pelayanan Teknis Daerah (UPTD) Satuan Sistem Admistrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Kota Ternate dalam waktu dekat akan melakukan razia gabungan di wilayah hukum Kota Ternate Provinsi Maluku Utara.

Razia gabungan ini akan melibatkan Satuan Lalulintas (Sat-Lantas) Polres Ternate, UPTD Samsat Ternate dan Datasmen Polisi Militer (Danpom) XVI/1 Ternate. Razia yang digagas oleh UPTD Samsat Ternate ini, untuk melakukan penindakan terhadap penunggak wajib pajak bagi kendaraan roda dua maupum roda empat di Kota Ternate.

Kepala UPTD Samsat Ternate, Saleh Kadir mengatakan, pihaknya baru saja melakukan koordinasi dengan Satlantas Ternate dan Danpom XVI/1 Ternate untuk menjadwalkan pelaksanaan razia gabungan guna melakukan penindakan terhadap pemilik kendaraan yang masa pajaknya sudah berakhir dan belum melakukan pembayaran. “Ini merupakan program tahunan kita, untuk melakukan penertiban kendaraan yang pajaknya sudah berakhir," kata Saleh yang ditemui wartawan di kantor Sat Lantas Polres Ternate. Selasa (17/03/2020).

Samsat telah melakukan koordinasi dengan dua instansi ini, karena keduanya memiliki kewengan untuk melakukan penindakan. “Karena kami melakukan penindakan (razia) itu mereka punya wilayah dan sekarang belum bisa menentukan berapa hari pelaksanaan razianya masih tahap koordinasi," akunya.

Dia mengaku, telah melakukan berbagai cara untuk mengingatkan wajib pajak agar membayar tunggakan-tunggakan pajak. “Kami sudah ingatkan berbagai cara kepada penunggak pajak, segera bayar, sebelum dilakukan penindakan di jalan," ungkapnya.

Terpisah,  Kasat Lantas Polres Ternate AKP Andreas mengatakan pihaknya siap memback up UPTD Samsat Ternate untuk penertiban pajak kendaraan bermotor. “Kami siap membantu, untuk penertiban masalah pajak,” tegas Andreas. Dalam razia gabungan, lanjut Kasat, pihaknya akan menerjunkan sedikitnya 11 personil untuk membackup UPTD Samsat Ternate.

Meski demikian, dia mengaku belum mengetahui pasti jadwal pelaksanaan razia gabungan, "waktu razia belum ditentukan, mungkin 2 atau 3 hari kedepan, karena besok ada acara Musda salah satu partai, dan kami harus mengatur arus lalulintas,” jelas Kasat. (nox/red)

Komentar

Loading...